haris

Jumat, 04 Agustus 2017

WORKSHOP & PELATIHAN "PEMECAHAN MASALAH & PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI A3 PROBLEM SOLVING, PETA BERPIKIR & ENAM TOPI BERPIKIR" 4 - 5 September 2017

WORKSHOP & PELATIHAN  "PEMECAHAN MASALAH & PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI  A3 PROBLEM SOLVING, PETA BERPIKIR &  ENAM TOPI BERPIKIR"

HOTEL IBIS SENIN , 4 - 5 September 2017


(Untuk pelatihan internal silahkan hub kami)


Latar Belakang

Dalam dinamika kerja banyak keadaan kepemimpinan yang mengalami miskin relasi interpersonal antara pemimpin dengan yang dipimpin (semua kayawan adadalah pemimpin) sehingga menimbulkan konflik internal atau bahkan malah perpecahan karena salah tafsir persepsi atau perbedaan cara pandang yang berbeda yang lamban dipikirkan oleh para pemimpin organisasi  saat ini. Kepemimpinan dalam organisasi pasti akan selalu bertemu dengan perbedaan pendapat, pemimpin pasti akan diminta untuk memiliki kemampuan untuk dapat mengambil keputusan dan menjalankan organisasi sesuai visi yang ada. Di tengah perbedaan yang ada dalam organisasi maka peran pemimpin perlu ada terutama dalam hal kecerdasan interpersonal sang pemimpin dan orang yang dipimpin. Saat ini  konsepsi berpikir dari Edward de Bono dikaitkan dengan kecerdasan interpersonal sebagai suatu bahan refleksi. Maka kecerdasan interpersonal pemimpin organisasi dapat dihubungkan dengan teori pemikiran Six thinking hats  Edward de Bono yang dipaparkan melalui sebuah analogi enam buah topi yang memiliki warna yang berbeda dimana masing-masing warna menggambarkan cara berpikir seseorang dan dapat direfleksikan dengan kacamata yang berbeda untuk bisa dipakaikan dalam gaya kepemimpinan .

Menjadi seorang pemimpin bukan hal yang gampang. John Maxwell dalam pengantar bukunya menyatakan menjadi seorang pemimpin yang lebih baik memberikan keuntungan, tetapi perlu usaha besar. Kepemimpinan meminta banyak dari seseorang. Ini menuntut dan rumit, yang dimaksud adalah :
“Kepemimpinan adalah kesediaan untuk mengambil resiko.
Kepemimpinan adalah hasrat untuk membuat perbedaaan dengan orang lain.
Kepemimpinan adalah tidak puas dengan realitas yang ada.
Kepemimpinan adalah menerima tanggung jawab sementara orang lain membuat dalih.
Kepemimpinan adalah melihat peluang di dalam suatu situasi sementara orang lain melihat keterbatasan.
Kepemimpinan adalah kesiapan untuk menonjol di tengah kerumunan.
Kepemimpinan adalah pikiran yang terbuka dan hati yang terbuka.
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menenggelamkan ego anda demi apa yang terbaik.
Kepemimpinan adalah membangkitkan di dalam diri orang lain kapasitas untuk bermimpi.
Kepemimpinan adalah menginspirasikan orang lain dengan visi tentang apa yang dapat mereka sumbangkan.
Kepemimpinan adalah kekuatan seseorang mengendalikan kekuatan banyak orang. Kepemimpinan adalah hati anda yang berbicara dengan hati orang lain.
Kepemimpinan adalah perpaduan hati, kepala dan jiwa.
Kepemimpinan adalah kapasitas untuk peduli, dan dalam memperdulikan, untuk membebaskan ide, energi, dan kapasitas orang lain.
Kepemimpinan adalah impian yang terwujud.
Kepemimpinan terutama adalah keberanian

Setiap karyawan adalah pemimpin yang juga harus memahami dan mampu melakukan pengambilan keputusan atas setiap masalah yang dihadapi.  Dalam pembelajaran dan workshop  selama 2 hari ini akan diberikan modul terkait hard skill (A3 problem solving ) dan soft skill (mind mapping dan 6 thinking hats)

Dengan berbagai gambaran tuntutan di atas seorang pemimpin seperti digambarkan Maxwell ini ada bagian yang menarik  dan perlu untuk para pemimpin pikirkan khususnya mengenai hubungan interpersonal, seorang pemimpin tidak dapat dielakkan dengan orang yang dia pimpin. Ada beberapa tuntutan yang jelas digambarkan di atas seperti: pikiran yang terbuka dan hati yang terbuka, kemampuan untuk menenggelamkan ego anda demi apa yang terbaik, membangkitkan di dalam diri orang lain kapasitas untuk bermimpi, menginspirasikan orang lain dengan visi tentang apa yang dapat mereka sumbangkan, hati anda yang berbicara dengan hati orang lain, perduli dengan orang lain. Kemampuan-kemampuan interpersonal seperti ini harus dikembangkan agar adanya hubungan timbal balik yang baik antara pemimpin dan yang dipimpin.

Refleksi dari Mind Mapp dan Six thinking hats Edward de Bono yang merupakan teori tentang kemampuan berpikir seseorang dikaitkan dengan interpersonal skill/social skill dalam suatu refleksi bagi seorang pemimpin.

Apa itu A3 Problem solving analysis?



A3 adalah salah satu tool favorit dalam binis perusahaan, karena dianggap sebagai metode problem solving yang paling efektif. Banyak perusahaan menggunakan kertas berukuran A3 (11” x 17”) untuk membuat dokumentasi problem-solving yang konsisten, jelas dan terstruktur.




Apa itu Mind Map?
Mind Map adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut.  Mind Map mengembangkan cara pikir divergen, berpikir kreatif.  Mind Map adalah alat berpikir organisasional yang sangat hebat. Mind Map dapat diistilahkan sebagai “Pisau Tentara Swiss Otak.”Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan
Apakah Six Thinking Hats itu?
Six Thinking Hats adalah suatu metode untuk melatih kreatifitas pemimpin . Pemimpin tidak saja dilatih untuk berpikir kreatif melainkan juga dibekali dengan kemampuan untuk berkonsentrasi menyelesaikan suatu hal dalam sekuens waktu, kemampuan untuk menerima dan menghargai pendapat orang lain.
Program Six Thinking Hats dari Dr. Edward de Bono mengajarkan dan melatih pemimpin untuk berpikir dengan cara yang tidak biasa sehingga menemukan solusi atau penemuan baru. Itulah yang dinamakan sebagai KREATIVITAS. Program ini mengajarkan bagaimana memanfaatkan otak untuk berpikir sehingga seseorang terlatih untuk menggunakan otaknya, meningkatkan kualitas berpikirnya sehingga hasil akhirnya mendapatkan sesuatu yang kreatif.
“Six Thinking Hats” adalah teknik yang penting bagi seorang pemimpin, biasanya digunakan untuk melihat pilihan-pilihan keputusan dari berbagai perspektif penting. Hal ini akan mendorong seseorang untuk bergerak keluar dari kebiasaan gaya berpikirnya dan membantunya untuk mendapatkan pandangan yang lebih menyeluruh dari sebuah situasi. Teknik ini pertama kali ditemukan oleh Edward de Bono dalam buku yang berjudul Six Thinking Hats.
Orang umum berpersepsi bahwa orang-orang sukses berpikir dari sudut pandang positif dan sangat rasional. Hal ini tentu saja tidak tepat. Orang-orang sukses juga sesekali melihat sebuah masalah dari sebuah sudut pandang yang emosional, intuitif, kreatif, bahkan negatif. Hal ini termasuk juga bagaimana mereka membuat rencana cadangan atau rencana darurat bila rencana mereka tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Jika kita melihat sebuah masalah dengan teknik Six Thinking Hats, kita akan menyelesaikannya dengan menggunakan semua pendekatan. Keputusan dan rencana Anda akan bercampur dengan ambisi, keterampilan dalam implementasi, sensitivitas publik, kreativitas dan exit plan yang baik pula.
Penggunaan 6 Topi Berwarna
Topi berwarna digunakan sebagai metafora untuk masing-masing keadaan. Beralih ke suatu keadaan atau waktu (sekuens) dilambangkan oleh tindakan mengenakan topi berwarna, baik secara harafiah atau pun kiasan. Pemimpin dilatih berdisiplin untuk berkonsentrasi pada satu hal saja dalam satu waktu tertentu.
Warna Topi
Metafora
Kapan Dipakai?

INFORMASI
Pemimpin fokus hanya untuk mendapatkan data dan informasi yang tersedia.

INTUISI
Pemimpin hanya fokus dengan naluri, emosi dan intuisi yang sedang dirasakannya.

WASPADA
Pemimpin hanya fokus pada semua kelemahan atau sisi negative dari sebuah masalah/keputusan, bahkan dalam situasi/hal yang terlihat sempurna.

MANFAAT
Pemimpin fokus untuk mendapatkan seluruh manfaat dan nilai yang dihasilkan dari sebuah keputusan, bahkan dalam situasi /masalah yang terlihat begitu rumit.

KREATIVITAS
Pemimpin fokus untuk mendapatkan ide atau atau solusi baru dari berbagai sudut pandang dalam suatu masalah / situasi.

PROSES
Pemimpin fokus untuk mengontrol dengan bijaksana dari suatu proses, kemudian mengambil kesimpulan. Intinya, THINK WISE, THINK BIG!

 

OBJECTIVE



 Inhouse training mind mapping dan 6  thinking hats (peta berpikir dan 6 topi berpikir) bertujuan :
Apa Manfaat Belajar Metode Six Thinking Hats?
Setiap peserta mendapat manfaat antara lain :
  • Efektif menggunakan informasi yang tersedia
  • Lebih fokus dan disiplin dalam cara berpikir
  • Paham kuatnya peranan emosi dalam pengambilan keputusan
  • Teknik kreativitas yang terbukti untuk mengevaluasi situasi dan masalah secara terstruktur.
  • Bisa berpikir jernih dan obyektif.
  • Menghasilkan ide-ide yang lebih baik.
  • Mampu kelola pikiran pada saat belajar memecahkan masalah dan berdiskusi.
Hasil Apa yang Didapat?
  • Bisa melihat suatu masalah, keputusan, dan peluang secara sistematis.
  • Bisa  mencari solusi alternatif.
  • Mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menjadikannya peluang.
  • Disiplin dan fokus serta bisa melihat dari semua sisi dari sebuah persoalan secara komprehensif dan tanpa konfrontasi.
  • Membuat mereka menjadi komunikator yang lebih baik (better communicator), pemecah masalah yang lebih baik (better problem solver).
  • Meningkatkan produktivitas dan efektivitas meeting
Apa Yang Diharapkan?
Dalam kursus Six Thinking Hats ini peserta akan mendapatkan teori dan praktek. Peserta mampu mengidentifikasi 6 topi berpikir.  Mengenal nilai-nilai perbedaan perspektif dengan belajar dari perbedaan dengan  orang lain. Mampu menggunakan 6 topi berpikir satu persatu dalam waktu yang berbeda atau berurutan dalam memecahkan suatu masalah untuk mampu mengambil dan membuat kesimpulan akan solusi yang tepat dari sebuah masalah dalam organisasi


MATERI & METODE EVALUASI

Selama 2 hari akan mendapat materi pelatihan :

  1. The power of Great Leader
  2. A3 Problem Solving penjelasan dan penggunaanya
  3. Mind Map (Pemetaan Pikiran)
  4. Materi Pelatihan Pemetaan Pikiran :
    a. Apa itu Mind Map?
    b. Fungsi Mind Map [Peta pikiran]
    c. Kapan Mind Map Sangat Powerfull
    d. Praktek Membuat Mind Map
e. Apa yang diperlukan ?
f. Langkah Sukses Bersama Mind Map
g. Mind Map Untuk Kehidupan
  1. Install software Mind Mapping
  2. Praktek Mind Mapping
  3. Cara Berpikir Edward de Bono
  4. Critical Thinking vs Creative Thinking
  5. Berpikir Lateral
  6. AUDIO Six Thinking Hats
  7. Six Thinking Hats
    1. Apakah paralel Thinking?
    2. Apakah 6 topi pemikiran itu?
    3. Kegunaan dari 6 topi pemikiran
    4. Aturannya adalah.......
    5. Keuntungan menggunakan 6 topi
    6. Topi Warna Biru
    7. Mulailah dengan topi Biru
    8. Akhirilah juga dengan Topi Biru
    9. Topi Warna Putih
    10. Topi Warna Merah
    11. Topi Warna Kuning
    12. Topi Warna Hijau
    13. Topi Warna Hitam
    14. Meeting Brainstorming Tukar pikiran
    15. Lingkaran FOCUS Topi Pemikiran
    16. Skenario Penggunaan 6 topi
  8. Video Six Thinking Hats (1 & 2)
  9. Exercise 1 :  Mencocokan para TOPI
  10. Exercise 2  : Menggunakan keenam topi dalam kasus
  11. PROCESS & RULES
  12. FOCUS FOR EACH HATS (Mind Map)
  13. Urutan Penggunaan Topi Pemikiran
  14. Menggunakan SCAMPER saat menggunakan TOPI HIJAU
  15. Penerapan Six Thinking Hats : ‘PENGHEMATAN LISTRIK DI KANTOR”
  16. CONTOH KASUS TOPI BERPIKIR
  17. Simulasi Permainan : amplop 6 Topi Pemikiran
  18. ROLES PLAY : SCENARIO  (link to 18-20)
  19. Workshop
  20. Closing
  PESERTA

  • Para pemimpin dan anggota team manajemen
  • Para profesional yang berurusan dengan berpikir, menyelesaikan masalah, mendapatkan ide dan pembuatan keputusan, secara reguler
  • Anggota tim umum, dimana organisasinya menginginkan produktifitas lebih tinggi dari meeting, roses ukar pikiran, proses pencarian ide, dan ingin kesamaan bahasa dalam berpikir dan bertindak
  BONUS


Softcopy materials, software Mind Mapping, Ebook What leader type are you?, Pillar of Success,  IQ Matrix guide for beginner, and 33 sample of Maps.

INSTRUKTUR

Haris H. Sidauruk

Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO , PT Haltek, PT.Mulyo  Group, dll .
Memberikan pengembangan & pelatihan people development, Career Transition for millenials and gen Y, The Art of selling, Mind Map & Six Thinking Hats, 7 Habits of Higly Effective People. Motivations, Dll.
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HRD, HRM Club, Seminar-seminarku, Info seminar, Episentrum, PT Jhonson Indonesia,  PMSM Indonesia dlsb.'''




My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Anova
 
HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 4.000.000 / peserta 




—————————————————————————–
Form Pendaftaran :  PETA BERPIKIR & ENAM TOPI BERPIKIR
Tanggal                  :
Nama                     :
Perusahaan            :
No. Telp                  :
No.HP                    :
PIN BB                   :
Email                      :
Transfer tgl             :
—————————————————————————-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar