ASSESSMENT CENTER – TALENT MANAGEMENT SUITES - KAMI MELAYANI PENGELOLAAN HUMAN CAPITAL PERUSAHAAN ANDA
Holla wow talent,
Pagi ini saya mengingatkan dalam kontek Talent Management
Suites, yang paling penting adalah FTR First Time Right , bagaimana kita
melakukan proses ELC Employee Life Cycles dengan benar dari awal dmulai dari
proses akuisisi karyawan yang kemudian dilengkapi dengan proses assement center
pada kelanjutan ELC. Di bawah ini saya
bagikan proses assesment center secara singkat.
- PENDAHULUAN
• Dinamika pengelolaan organisasi baik itu di
sektor swasta maupun sektor pemerintahaan saat ini sangat dipengaruhi
oleh tekad untuk membangun organisasi yang bersih, transparan dan professional,
sejalan dengan semangat untuk mewujudkan Good Corporate Governence. Hal
mana menjadi dasar yang cukup kuat bagi segenap pengelola untuk menjalankan
organisasi secara lebih bertanggung jawab.
• Salah satu aspek penting dalam pengelolaan organisasi adalah menyangkut manajemen sumber daya manusia (SDM).
Pengelolaan SDM menyangkut berbagai hal
yang antara lain penempatan,
pemanfaatan, pemeliharaan dan pengembangan.
• Sejalan
dengan hal diatas, diperlukan adanya pengelolaan secara spesifik terhadap sejumlah
SDM potensial yang saat ini berada di lingkungan organisasi yang merupakan pribadi tangguh
dan dapat berperan sebagai “competitive advantage” yang bergerak
menjadi “adaptive advantage”, yang akan mampu menjamin tercapainya visi dan misi
Organisasi
• Sejalan dengan hal diatas, salah
satu metode terkini yang dapat diandalkan untuk
membantu dan mendukung organisasi mendapatkan SDM tangguh yang
potensial, diperlukan adanya pemetaan secara spesifik terhadap sejumlah
SDM potensial yang saat ini berada di lingkungan organisasi melalui kegiatan yang dikenal sebagai Assesment Center .
• Metode
assessment merupakan suatu alternatif sekaligus inisiatif yang dianggap
memiliki validitas yang tinggi dalam mengidentifikasi kompetensi organisasi
serta mengukur kompetensi SDM yang dimiliki oleh organisasi. Dari hasil pemakaian assessment center di
beragam lingkup organisasi selama ini dan
didukung oleh berbagai hasil penelitian; menunjukkan bahwa metode ini
dinilai lebih objektif untuk sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan
yang berkaitan dengan permasalahan sumber daya manusia; karena validitasnya
yang tinggi dibanding dengan alat pengukuran
lain, seperti: psikotes standar, graphologi, referensi, dan lainnya.
Evaluasi dilakukan mengacu pada sejumlah dimensi atau kriteria yang diperoleh
melalui pengkajian terhadap bidang kerja yang dimaksud.
B.TUJUAN
• Tujuan umum assesment ini adalah :
• Mendapatkan gambaran profil kompetensi
• Mendapatkan gambaran profil potensi
• Mendapatkan
gambaran Strenght & Weakness individu
• Mendapatkan
gambaran Talent Mapping
C.METODE
Dengan
maksud mendapatkan hasil yang lebih
komprehensif maka kami menggunakan 2 pendekatan dalam pelaksanaan assesment ini :
1. Psychological Assesment
2. Behavioral Assesment
Acuan dari Assesmen
adalah :
-
Competency model/profile dari PT.
XYZ
-
Competency dictionary dari PT. XYZ
Format laporan akan
disesuaikan dengan keinginan pihak perusahaan dan tetap mempertimbangkan
aspek - aspek teknis metodologis.
D.INSTRUMENT TES
Psychological Assesment
1. Paket Tes Kecerdasan
2. Paket Tes Kepribadian
3. Paket Tes Sikap Kerja
Behavioral Assesment *)
1. Preference Tes,
2.
Focus Group Discussion
3.
Presentation
4. Games
5. Behavioral Event Interview
*) sesuai
level dan tuntutan psikogram
INSTRUMEN TES :
Instumen TIM
(Tes Inteligensi Multidimentional),
digunakan untuk mengukur aspek-aspek intelektual.
Instrumen KOSTIK,
digunakan untuk mengukur sikap dan cara kerja, gaya hidup dan ketahanan terhadap stres.
Instrumen WZT,
DAM, BAUM, digunakan untuk mengukur kepribadian, termasuk menditeksi adanya
penyimpangan kepribadian.
FGD/LGD, digunakan untuk diobservasi kemampuan dalam situasi
kelompok, baik sebagai pemimpin ataupuan sebagai peserta
BISNIS GAMES,
digunakan untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
F. ASSESOR
• Team
assesor terdiri dari
psikolog senior, yang telah mempunyai pengalaman
panjang dalam melakukan assesment di berbagai
Perusahaan dan departemen pemerintahan.
• Setiap peserta
assesment akan
diobservasi dan dinilai oleh 2 orang
assesor untuk mendapatkan hasil yang
lebih obyektif.
G.WAKTU PELAKSANAAN
Dilakukan dalam 2 hari dimana hari pertama mengenai seluruh
test psikometri dan hari kedua tes
beihavioural.
H.LAPORAN INDIVIDUAL
- Laporan individual kami susun berdasarkan analisa dan diagnosa dari Psychological Assesment dan Behavioral Assesment;
- Laporan individual mendeskripsikan keunikan individu peserta.
- Struktur Laporan Individual disesuaikan dengan format laporan Yang sudah ditetapkan oleh PT XYZ
I.
LAPORAN EXECUTIVE SUMMARY
• Laporan keseluruhan / Executive Summary disusun
dari pengolahan data - data kwantitatif
yang berasal dari semua laporan
individual.
• Dari
laporan keseluruhan akan didapatkan :
a.
Analisa kebutuhan
pengembangan kompetensi secara
umum
b.
Mapping/
Pemetaan kompetensi – potensi ini
dibagi dalam 9 kwadran.
Sehingga diketahui posisi relatif
masing - masing individu
dibanding rekan - rekannya dalam aspek
pengukuran potensi dan
kompetensi.
• Informasi ini berguna
bagi Direksi dalam menetapkan program kaderisasi atau
pengembangan karier.
Untuk mendapatkan hasil yang valid maka Mapping dapat dibuat
setelah peserta minimal mencapai
30 orang
J. BIAYA
Untuk biaya assesmen kami membagi dalam 3 kelompok yaitu
level manajer, supervisor dan staff.
K. SISTEM PEMBAYARAN
Dilakukan dalam 2 termin.
L. PENUTUP
Talent Management Suites terkait dengan rencana besar sebuah
organisasi sangat mendesak dan utama yang akan menciptakan organisasi efektif,
produktif dan profitable.
Assesment center sudah menjadi suatu kemutlakan bagi sebuah
organisasi untuk mengembangkan organisasi dan mengembangkan karyawan dan
menciptakan pemimpin masa depan organisasi.
PIC : Haris H. Sidauruk +62816851015, +6281297532510
Berikut contoh model kompetensi standar untuk level kebutuhan BOD Board of Director candidate yang kami pakai sebagai salah satu SKJ Standar Kompetensi Jabatan
Board Relationships (Executive Level)
Definition:
Understands
the policy-making role of the Board of Directors and how one’s responsibilities
support the Board; identifies the Board of Directors as representatives of the
shareholders who have a responsibility as a fiduciary to achieve an appropriate
return on investment.
Behavioral
Indicators:
❖
Periodically updates Board on issues and concerns.
❖
Is clear about the
potential impact of decisions, both positive and negative.
❖
Identifies all stakeholders potentially involved in an issue.
❖
Gathers information from
different stakeholders before presenting proposed actions.
❖
Defines the issue from the perspective of each stakeholder.
❖
Identifies
alternatives and presents
recommendations for action,
identifying implications for stakeholders.
❖
Clearly states what is expected to be accomplished
by proposed actions.
❖
Works with Board members to
identify criteria to be used to evaluate new services, product, ideas, investments,
etc.
❖
Advises Board
appropriately of situations or
information that may negatively affect the Board or its objectives.
❖
Acts to build a trusting
relationship with the Board by
being open in the sharing of information.
❖
Sees Board members as partners, not
adversaries, in furthering organizational goals and providing service to customers.
❖
Periodically updates Board on issues and concerns.
❖
Identifies all stakeholders potentially involved in an issue.
❖
Gathers information from
different stakeholders before presenting proposed actions.
❖
Clearly identifies how a proposed action will benefit customers or Board objectives.
❖
Identifies alternatives and presents recommendations and expectations for action.
❖
Identifies implications for stakeholders.
❖
Works with
Board members to identify
criteria for evaluating new services, products, ideas, investment, etc.
❖
Advises Board
appropriately of situations or
information that may negatively affect the Board or its objectives.
Silahkan menghubungi kami. Terima-kasih.
Semoga Bermanfaat.
Majulah Indonesia. Majulah SDM Indonesia.
Salam Hormat,
Haris H. Sidauruk
+62816851015
+6281297532510
Topi Kupluk Kecil
Elohim Yevarekh Etkhem
https://id.linkedin.com/pub/haris-h-sidauruk/13/932/536
https://id.linkedin.com/pub/haris-h-sidauruk/13/932/536
Tidak ada komentar:
Posting Komentar