haris

Rabu, 08 Mei 2019

3 Days Workshop Coaching and Counseling for HRBP

3 Days Workshop Coaching and Counseling for HRBP
 Jakarta | 19-21 Juni  2019 | Rp. 6.500.000 Hotel Fave LTC Glodok Jakarta


Latar Belakang









Menindaklanjuti evaluasi 360 derajat terhadap HRBP ataupun line manager (sudah mengikuti inhouse training PHRM),  akan diperoleh hasil pemetaan evaluasi 360 derajat  terkait dengan pencapaian kinerja dan kompetensi/potensi dari HRBP.  Untuk peserta yang masih memerlukan perbikan kinerja dan peningkatan kompetensinya untuk menjadi HRBP yang lebih tangguh dan credible activist, maka diperlukan sebuah program CHECK (Conduct Highly Efective Coaching and Couseling Kaizen).



Coaching adalah sebuah proses pengarahan dari atasan atau senior untuk melatih  dan  memberikan orientasi kepada karyawan tentang realitas pekerjaan yang akan dihadapi di lapangan   dan membantunya untuk mengatasi hambatan agar tugas yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan baik.. Coaching lebih mengarah kepada hal-hal teknis untuk menyelesaikan tugas.  Oleh karena itu seorang coach adalah orang yang sudah paham benar atau ahli dibidang yang bersangkutan. Bukan sekedar tahu teori tanpa tahu praktek di lapangan. Dengan demikian artinya  keberhasilan dalam memberikan coaching terletak pada atasan itu sendiri. Dan HRBP sebagai agen perubahan harus menjadi coach yang bertansformasi dalam organisasi.

Untuk mencapai hal di atas dalam proses training coaching  ini disampaikan 11 kompetensi yang harus dimiliki  yang dikelompokan dalam 4 kluster kompetensi.



Counseling merupakan pendampingan untuk membantu karyawan dalam mengembangkan KSA Knowledge Skill Attitude untuk mengelola permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki. Fungsi atasan pada saat melakukan coaching agak berbeda dengan fungsinya saat melakukan counseling. Pada counseling seorang atasan berperan sebagai fasilitator. Tugasnya adalah merefleksikan pikiran dan perasaan karyawan, agar yang bersangkutan dapat memahami dan melihat permasalahan lebih objektif.  Apabila cara pandang dan wawasan  pemahaman terhadap suatu masalah lebih jernih lebih luas, maka karyawan tersebut diharapkan mendapat pencerahan, yang pada akhirnya mendorong karyawan untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah. Oleh karena itu , dalam hal ini karyawan memegang peranan penting dan utama. Sumber masalah dan penyelesaian masalah ada pada karyawan itu sendiri, bukan pada atasan atau pihak lain..  HRBP memegang peranan penting dalam organisasi yang fokus pada business dan people, Menjadi seorang counselor bagi karyawan sangat penting untuk meningkatkan level kompetensinya yang pada akhirnya bersama dengan peran sebagai coach akan berkontribusi pada pencapaian  organisasi yang efektif, produktif dan profitable.





Tujuan Pelatihan:



Inhouse & PUBLIC  training couching dan couseling bertujuan :
  1. Peserta mampu memahami konsep couching dan counseling, bila dan situasi bagaimana  peserta pelatihan menggunakannya
  2. Bagaimana pekerjaan peserta sebagai HRBP berkontribusi pada pertumbuhan dan pengembangan perusahaan, anak buah dan diri sendiri.
  3. Mengetahui karakteristik coach yang baik
  4. Mengetahui karakteristik counselor yang baik
  5. Mengetahui bagaimana mendefinisikan permasalahan dan menetapkan sasaran bila permasalahan telah dipecahkan
  6. Mengetahui prinsip berkomunikasi, mendengar aktif dan mengajukan pertanyaan.
  7. Meningkatkan peran dan mutu HRBP leadership untuk continual improvement
  8. Belajar membuat leadership climate survey dalam meningkatkan pencapaian business objective  (KPI Objective)
  9. HRBP membuat persiapan strategi "continuous improvement" dengan menyelaraskan couching dan counseling dengan "kaizen" untuk meningkatkan team performance dan produktivitas dan profitable 
  10. HRBP menggunakan teknik coaching dan counseling untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi
  11. Mereview kembali pemahaman akan  HR Business, HR strategic, HR practises dan HR administration.(strategic management, workforce planning, HRD, Total Rewards, Employee and Labor Relations, Risk Management

Materi dan metode evaluasi


Selama 3  hari akan mendapat materi pelatihan :

  1. The power of coaching and couseling
  2. Coaching
    1. Definisi dan manfaat coaching
    2. Mengapa manajer menghindari melakukan coaching
    3. Karakteristik coach yang baik
    4. Situasi yang membutuhkan coaching
    5. Langkah-langkah melakukan coaching
    6. Ketrampilan yang dilakukan dalam melaksanakan coaching yang baik
    7. Latihan coaching
  1. Model Couching
    1. YMO
    2. GROW
      4. Performance Management System and People Development Opportunity

      5. Enhance leadership roles and qualities for continual improvement

     6. Able to prepare "Continuous improvement strategy" by aligning coaching and kaizen to optimize           performance team dan produktivitas

    7. Membuat leadership climate survey untuk mencapai business dan people objective

    8. Implementasi Kaizen , A3 problem solver, CI

    9.  Model  11 kompetensi yang harus dimiliki  yang dikelompokan dalam 4 kluster kompetensi.

Kompetensi-kompetensi tersebut antara lain :

I. Setting the Foundation  (Membangun Prinsip Dasar)
1. Meeting Ethical Guidelines and Professional Standards (Melakukan pedoaman  etika dan standar PRO)
2. Establishing the Coaching Agreement (Menetapkan  kesepakatan dalam coaching)
II. Co-creating the Relationship (Menbangun Hubungan)
3. Establishing Trust and Intimacy with the Client (Membangun kepercayaan dan  keakraban )
4. Coaching Presence (Berkomitmen hadir dalam coaching)
III. Communicating Effectively (Komunikasi Efektif)
5. Active Listening  (Aktif Mendengar)
6. Powerful Questioning (Pertanyaan yang berbobot dan spesifik)
7. Direct Communication  (Komunikasi Langsung)
IV. Facilitating Learning and Results  (Fasilitas Pembelajaran dan Hasil)
8. Creating Awareness (Menciptakan kesadaran)
9. Designing Actions  (Merencanakan dan merancang tidakan selanjutnya)
10. Planning and Goal Setting (Menetapkan Rencana dan Sasaran)
11. Managing Progress and Accountability  (Mengelola Kemajuan dan Tanggung Jawab).


    10. Counseling
    1. Definisi dan manfaat counseling
    2. Mengapa manajer menghindari melakukan counseling
    3. Karakteristik counselor yang baik
    4. Situasi yang membutuhkan counseling
    5. Langkah-langkah melakukan counseling
    6. Ketrampilan yang dilakukan dalam melaksanakan counseling yang baik
    7. Latihan counseling
    10. Role  Play 
         Penerapan konsep coaching dan counseling dalam bentuk latihan bermain peran (pairs)



FASILITATOR TRAINING :
Haris H. Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan



My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Luska

HR HOUSE INDONESIA
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 6.500.000 / peserta.
—————————————————————————–
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal                  :
Nama                     :
Perusahaan            :
No. Telp                  :
No.HP                    :
PIN BB                   :
Email                      :
Transfer tgl             :
—————————————————————————-




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar