2 DAYS WORKSHOP
WAREHOUSE SAFETY MANAGEMENT SYSTEM
Kamis – Jumat 28-29 April 2016
(09.00
– 17.00)
Hotel
Fave LTC Glodok, Jl Hayam Wuruk
127 Jakarta Barat
Pada kondisi global yang melanda dunia bisnis organisasi diseluruh
dunia saat ini, dimana pemimpin
organisasi CEO menghadapi VUCA (Volatile
Uncertainty Complex Ambiguity) maka dibutuhkan pemimpin yang tangkas yang mampu
mengendalikan perjalanan bisnis organisasi dari sisi faktor eksternal yang
harus tetap membuat organisasi perusahaan melaju bersaing dengan kompetitor
agar organisasi tetap memimpin di bidang bisnisnya. Selain faktor eksternal
yang harus dihadapi dengan kompetensi para pekerja yang handal maka dari sisi
internal banyak hal yang banyak bisa dilakukan oleh para karyawannya mulai dari
menjadi pekerja yang efisien dan efektif dan produktif juga harus menjadi
karyawan yang sadar akan safety atau keselamatan kerja di tempat kerja.
Salah satu
hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai keselamatan dan kesehatan kerja di
pergudangan agar dapat mencegah dan mengurangi kerugian bagi perusahaan dari
berbagai aspek (biaya, waktu, kepercayaan, produktivitas). Terlebih proses
kerja di gudang memiliki resiko keselamatan yang tidak sedikit, sehingga setiap
fungsi bisnis di perusahaan perlu untuk memberikan perhatian khusus pada
penanganan dan manajemen keselamatan gudang ini. Oleh karena itu pelatihan ini
didesain agar peserta dapat mengetahui tentang manajemen keselamatan gudang
yang tepat, karena pengelolaan fungsi gudang yang baik ikut berperan penting
dalam kesuksesan suatu perusahaan
Padahal
kegiatan di Warehouse melibatkan tugas yang penuh dengan resiko kesehatan dan
keselamatan. Beberapa cedera dan penyakit dapat terjadi akibat pemotongan yang
menggunakan pisau, luka bakar akibat listrik, mesin-mesin, lantai licin atau
pencahayaan yang kurang, dsb. Permasalahan ergonomi banyak dijumpai disini.
Demikian pula pajanan bahan kimia atau pestisida yang berakibat iritasi kulit,
gatal, bengkak, dsb. Penggunaan Forklif atau alat-alat yang bertenaga mesin
yang elektris dan alat-alat perlengkapan bertenaga baterei yang lain, cukup
berisiko bagi pekerja.
Apalagi
nyaris 30%-60% investasi perusahaan dalam bentuk persediaan : raw material,
work in process, finish good, spare part, dan inventory lainnya. Maka demikian,
implementasi program training warehouse safety, yang mencakup keselamatan
barang, keselatan fasilitas, dan keselamatan karyawan, menjadi sangat penting.
Kompetensi karyawan dalam hal ini yang terkait dengan warehouse safety
management sangatlah mandatory dan wajib untuk menciptakan organisasi yang
efektif, produktif dan profitable tanpa kejadian anomali atau zero accident.
Inhouse training Warehouse Safety
Management bertujuan :
- Peserta mengetahui potensi bahaya, resiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang dapat muncul di pergudangan
- Peserta mengetahui teknik-teknik dalam pengendalian potensi bahaya di pergudangan
- Peserta memahami dan mengikuti praktek kerja aman dan mampu memilih APD yang diperlukan.
- Peserta memahami konsep sistem pergudangan yang aman dan ergonomis serta nyaman, sehingga produktivitas & aspek Keselamatan & Kesehatan Kerja dapat dicapai
Selama 2 hari akan mendapat materi pelatihan
:
- Human Capital & Strategi Safety Management (CEO Agenda)
- Ruang lingkup manajemen keselamatan kerja di pergudangan
- Prinsip-prinsip Safety Management.
- Implementasi 5S di pergudangan, Audit 5S, case study, video 5S
- Identifikasi bahaya dan resiko di area pergudangan serta potensi kecelakaan kerja di gudang (JSA dan HIRADC)
- Storage and Building safety
- Packaging safety
- Dangerous good storage, warehouse safety in chemical storage
- Forklift truck operation
- Warehouse safety program; work assignments, good housekeeping,protective devices, safe practices, disaster control program, use of safety poster,effective safety communication
Pelatihan
menggunakan sistem pembelajaran partisipatif dan metode pengajaran dalam bentuk
ceramah, diskusi dan latihan /studi kasus dalam mendala panduan bagi Anda
bagaimana mengimplementasikannya dan dengan menggunakan berbagai teknik dan
metode yang akrab bagi karyawan, pimpinan perusahaan yang berhubungan dengan
manajemen pergudangan
SYLABUS PELATIHAN WAREHOUSE SAFETY
MANAGEMENT
TANGGAL 28--29 April 2016
DAY 1
|
|
09.00-10.30
|
Human Capital &
Strategi safety management (selaras dengan strategi korporasi : CEO
aagenda dalam aspek safety)
UU 1 tahun 70 (UU Keselamatan Kesehatan Kerja)
dan perundangan lainnya
|
10.30-10.45
|
Coffee Break
|
10.45-12.00
|
Ruang lingkup manajemen keselamatan kerja di
pergudangan.
Prinsip-prinsip Safety Management
|
12.00-13.00
|
Ishoma
|
13.00-14.45
|
Implementasi 5S
di pergudangan , Audit 5 S, case study
Video 5S, video safety dan
implementasi
|
14.45-15.15
|
Identifikasi
bahaya dan resiko di area pergudangan serta potensi kecelakaan kerja di
gudang
|
15.15-15.30
|
Coffee
Break
|
15.30-17.00
|
Job Safety
Analysis dan HIRADC Hazard Identification Risk Assesment Define Control di
pergudangan
|
DAY 2
|
|
09.00-10.30
|
Storage dan
Building Safety
Packaging Safety
Fire Safety
|
10.30-10.45
|
Coffee Break
|
10.45-12.00
|
Warehouse safety
in general
Warehouse safety
in chemical storage
Safety chemical
handling
|
12.00-13.00
|
Ishoma
|
13.00-14.45
|
Dangerous good
storage
Forklift truck
operation
Forklift safety training
|
14.45-15.45
|
Manual handling
|
16.20-16.30
|
Safety behaviour di pergudangans
|
16.20-16.30
|
Coffee
Break
|
16.30-17.00
|
Warehouse safety program : work assignment, good house
keeping, protective device, safe practises, disaster control program, use of
safety poster, effective safety communication
CLOSE
|
Ir. Haris H. Sidauruk, MBA, GPHR
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior
Consultant SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan
di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional,
beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management
Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE
Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can
Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di
antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan
Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan
Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik,
Departemen Industri RI, PT Kansai, Allianz Group, RS Premier Ramsay
group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek
HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki
sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER) pada beberapa perusahaan seperti Akira Data,
Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites
dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP
Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi
profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan
Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM The Indonesia Society of
Human Resource Management (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan
pelatihan
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HRD, HRM Club,
Seminar-seminarku, Info seminar, Episentrum, PT Jhonson Indonesia, PMSM
Indonesia dlsb.
My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
Pendaftaran
dan In-House Training :
Mrs. Luska
PT FREEMIND MANAGEMENT CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Mrs. Luska
PT FREEMIND MANAGEMENT CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi:
Rp 4.500.000 / peserta
Transfer ke
Rekening Bank Mandiri no rek 138 00 1510739 9
a/n PT. Freemind Management Consulting
a/n PT. Freemind Management Consulting
—————————————————————————–
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal :
Nama :
Perusahaan :
No. Telp :
No.HP :
PIN BB :
Email :
Transfer tgl :
—————————————————————————-
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal :
Nama :
Perusahaan :
No. Telp :
No.HP :
PIN BB :
Email :
Transfer tgl :
—————————————————————————-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar