haris

Sabtu, 16 April 2016

In house training program HR FOR NON HR (HR VALUE CHAINS) 2016


PENDAHULUAN  HR FOR NON HR (HR VALUE CHAINS)

Situasi VUCA Volatile Uncertainty Complex Ambiguity yang menerpa dunia bisnis di seluruh dunia termasuk di negara Republik Indonesia  yang kita cintai , membuat para CEO/CHRO harus agile (tangkas, gesit dan lincah serta cepat dan tepat dalam mengambil langkah-langkah perubahan dan pembaharuan.  
Agility merupakan sebuah kapabilitas yang dibangun secara terus menerus yang memampukan organisasi merespon perubahan dengan lincah, tangkas, cepat atau gesit  , efektif , tepat waktu  dan berkesinambungan.
Agility juga sebuah kapabilitas yang dinamis yang secara cepat mencium bahaya akan ancaman, peluang yang akan dihadapi organisasi dan meresponinya dengan  kemampuan pelaksanaan sebuah perubahan terhadap sumber daya yang dimilikinya terutamanya intangible assets, seperti penumbuhan dan pemahaman yang lebih baik lagi tentang SDM oleh pihak HR sendiri maupun non HR atau fungsi lain dalam organisasi.

Sebagaimana kita maklumi bahwa Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di setiap perusahaan adalah “motor penggerak utama” lajunya “bahtera usaha” agar dapat mencapai “pantai kesuksesan” yang menjadi “objectives atau goal” yang ditargetkan oleh Manajemen perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dalam kurun dasa-warsa belakangan ini, sudah hampir semua perusahaan atau dunia usaha menggolongkan HR atau SDM bukan lagi “hanya sebagai Faktor Produksi” akan tetapi sudah dimasukan sebagai “Asset Perusahaan”.
Sebagai Asset Perusahaan yang sangat bernilai, tentu saja HR atau SDM perlu perhatian lebih besar, memerlukan juga pemeliharaan yang baik maupun pengembangan yang terarah dan terpadu, serta diperlakukan secara “manusiawi”, karena memang “berwujud manusia” (bukan seperti Asset yang lain – yang berupa Harta tak bergerak). Di setiap Divisi/Department/Seksi atau Unit-unit kerja di semua perusahaan, baik yang operasional maupun supporting (pendukung), pasti mengelola SDM sebagai pelaksana dari tugas-tugas yang dibebankan oleh Manajemen perusahan tersebut.

Para Kepala Divisi/Department/Seksi atau semua Kepala Unit kerja, adalah pengelola SDM di lingkungannya masing-masing, yang tahu persis mengenai : kemampuan, ketrampilan, kebiasaan, perilaku dan prestasi kerja yang mereka capai. Kebiasaan yang selama ini terjadi, bahwa semua urusan SDM selalu dikembalikan dan ditangani oleh HRD Department, sudah tidak jamannya lagi. Artinya semua Kepala Unit Kerja di perusahaan wajib “berfungsi” sebagai Human Resourses Management, sedangkan HRD Department akan menjadi Narasumber dan Fasilitator maupun membantu penuh untuk melaksanakan keputusan/kebijakan yang diusulkan oleh “pengguna” SDM tersebut.
Oleh karena itu, maka Kepala Unit Kerja (Non HRD Department) dirasa perlu untuk mengerti dan memahami sekilas mengenai “Human Resources Management”, karena alasan-alasan untama sebagai berikut: “keterlibatan” mereka sangat diperlukan sejak proses seleksi Karyawan, penempatan dan mempekerjakan, memberikan tugas, membimbing (tutorial), mengarahkan (dengan memberikan reward & penalty), menilai kinerja, mengembangkan (usul untuk pelatihan & pendidikan) dan bahkan sampai dengan promosi/rotasi dan mutasi (bila diperlukan) maupun rencana suksesi pimpinan di perusahaan.


POKOK BAHASAN :

1. Fungsi dan Tugas HR Departement
2. Fungsi dan Pentingnya
• Job Analysis
• Job Description
• Job Specification
• Job Perfomance Strandard
3. Proses Recruitment, Selction dan Placement
• Analisa tenaga kerja
• Flow Process Recruitment
• Sumber Tenaga Kerja
• Wawancara
• Selection Test
• Orientasi Karyawan Baru
4. Development Program
• Training Need Analysis
• Penyusunan Program Pelatihan
• Job Evaluation And Job Grading Pembentukan Career Path
• Performance Appraisal
5. OD Organisasi Development
6. Talent Management System
7. Retaining Program
• Coaching & Conseling
• Reward & Punishment
• Change behavior
• Salary Structure
·         Salary survey
·         Upah sundulan
8. Ledership Development Program



Ir. Haris H. Sidauruk, MBA, GPHR
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HRD, HRM Club, Seminar-seminarku, Info seminar, Episentrum, PT Jhonson Indonesia,  PMSM Indonesia dlsb.
My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------
Pendftaran kepada ibu Anova 0811891352
Inhouse program Rp 15.000.000 (Lima Belas  Juta Rupiah) belum termasuk pajak untuk  10 peserta.
Biaya transportasi dan akomodasi/ penginapan instruktur ditanggung perusahaan /klien bila di luar kota jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar