Acara
Jumat 14 Juli 2017
Belajar Bersama
PERFORMANCE MANAGEMENT BSC-KPI
BASED WORKSHOP (WITH BSC SOFTWARE ) & EFFECTIVE PERFORMANCE APPRAISAL (WITH PA SOFTWARE)
14 Juli i 2017
Latar Belakang
Balanced
scorecard adalah metoda yang dikembangkan Kaplan dan Norton untuk mengukur
setiap aktivitas yang dilakukan dalam rangka merealisasikan tujuan Perusahaan.
Tujuan dilakukannya workshop ini adalah Perusahaan mampu membangun peta
strategi dan Key Performance Indicator (KPI) beserta target.
Dimulai dari pemahaman Customer value proposition, apa yang diinginkan customernya , maka semua produsen (manufacture, retailer, rumah sakit, perkebunan, mining, oil company, constructions, perusahaan negara dll) baik yang ouputnya berupa produk maupun jasa dll, menjadikan ini sebagai titik acuan bisnis strategi intensnya (VMVS) untuk mampu mencapai sasaran bisnis atau tujuan bisnis organisasinya dalam tahun fiskal berjalan atau dalam 3Y plan to 5 Y plan.
Organisasi harus memberikan hasil bagi customernya (stakeholdersnya) ini yang kita kenal sebagai strategic outcomes. Jadi ada 3 hal yang harus dihasilkan yaitu outcomes (nilai-nilai terbaik yang dapat diberikan kepada pelanggan oleh sebuah organisasi), output (hasil yang dapat diberikan oleh unit bisnisnya) dan aktivitas/pencapaian (hasil yang baik yang dihasilkan setiap individu organisasi-karyawan).
Dalam workshop ini juga akan dibahas bagaimana menyusun sebuah KPI korporasi dan harus
dapat diturunkan kepada KPI divisi atau unit bisnis dapat diturunkan ke
KPI departemen dan juga diturunkan kepada KPI Individu atau KPI
Karyawan. (cascading down) . Selama ini KPI di banyak perusahaan tidak nyambung atau tidak ada koneksi antara KPI bisnis-KPI Korporasi dangan KPI Individu, sementara biaya pengeluaran terkait personal cost terus
meningkat dan perusahaan tidak menunjukkan kinerja utamanya. Sebabnya
tidak lain tidak bukan adalah KPI individu dalam sebuah organisasi
kebanyakan dibuat dari KPI yang diambil dari "task" atau job desknya jadi tidak akan mendongkrak ke arah positif atas kinerja KPI korporasinya atau KPI Bisnis organisasi. Dan peserta akan diajarkan membuat kamus KPI untuk semua komponen perspektif BSC organisasi.
Dalam
organisasi juga harus dibedakan antara hal-hal yang dikontrol dalam
penyelenggaraan organisasi (items to be controlled) dengan KPI bisnis. Pastikan organisasi dapat membedakannya tidak semua “item to be
controlled” menjadi KPI. Bagaimana membedakannya.? Dari sasaran strategi pada 4
perspektif BSC corporate diturunkan mulai ke divisi hingga departemen hingga
KPI individu. Untuk items to be controlled terkait COST misalnya, dalam daftar ada maintenance
cost dan training cost ini adalah KPI bisnis karena mampu menutup semua gap
(celah) dari sasaran strategi perspektif finansial yang mau dicapai dengan apa
yang diukur oleh KPI bisnis tadi.. Jadi
items to be controlled belum tentu menjadi KPI bisnis, tetapi KPI Bisnis pasti
bagian dari items to be controlled. Maka
KPI Bisnis diartikan sebagai “seluruh aspek dari sasaran strategis terukur”.
Dan peserta akan diajarkan
membuat kamus KPI untuk semua komponen perspektif BSC organisasi.
OBJECTIVES
Setelah mengikuti workshop, peserta diharapkan untuk mampu:
• Mampu membuat Visi, Misi, dan Destination Statementnya
Align vision statement dengan company strategy map
Align mision statement dengan company strategy map
Align strategic positioning & differentiation dengan company strategy map
Menurunkan strategy map dari setiap perspektif BSC (4 perspektif)
Membuat dan menurunkan KPI perusahaan dari masing -masing company strategy map
• Memahami konsep BSC & KPI-based Management dan peran individu dalam Performance Management
Align vision statement dengan company strategy map
Align mision statement dengan company strategy map
Align strategic positioning & differentiation dengan company strategy map
Menurunkan strategy map dari setiap perspektif BSC (4 perspektif)
Membuat dan menurunkan KPI perusahaan dari masing -masing company strategy map
• Memahami konsep BSC & KPI-based Management dan peran individu dalam Performance Management
•
Memahami langkah-langkah dalam
menerapkan KPI-based Performance Management
•
Implementasi KPI &
Performance Management untuk level divisi dan individu, Critical Success Factor dan KPI sebagai satuan ukuran
kinerja
•
Memahami hambatan-hambatan
dalam penerapan Balanced Scorecard / KPI
•
Mampu menggunakan software BSC sebagai alat bantu
REAL TIME
•
Dapat menyusun performance appraisal berbasis komposisi 60% KPI dan 40% Kompetensi
•
Mampu menggunakan software performance appraisal
link terhadap KPI bonus
Materi:
1. Pendahuluan : Performance Management System & BSC
2. Strategic: Situation Analysis
3. Strategic : Formulation Analysis
4. Visi,Misi, & Objective
5. Corporate Performance statement
6. Corporate Scorecard
7. Strategy Mapping & Objective
8. Key Performance Indicator
9. Jenis-jenis KPI
10. Leading & Lagging Indicators
11. Membedakan KPI dan Non KPI
12. Strategic initiatives
13. Divisional Scorecards (Cascading)
a. Strategy Mapping
b. Objective,KPI,Target, Initiative,Result,Analysis, Improvement
14.
Individual scorecard
(cascading)
a. Objective,KPI,Target,
Initiative
15.
Strategic Implementation
a. Program,
Budgeting, Procedure
16.
Alignment & Premium
Execution
17.
Dasboard
18.
Aplikasi ke Individual
Performance
a. Performance
Plan
b. Performance
Review
c. Performance
Appraisal
19.
Siklus Performance
Management
20.
Integrasi ke dalam system
manajemen
21.
Monitoring,Evaluating
& Controlling
22.
Kamus KPI & bagaimana menyusun KPI
Dalam acara 1 hari ini juga belajar menggunakan alat BSC software real time yang dilakukan pembelajaran mulai dari :
1,Mengisi Tujuan bisnis (business goals)
2,Mengisi Mission statement dan vision VMVS (bisa juga dengan mengupload filenya bila sudah ada dan terpisah)
3.
Menyusun sasaran strategik setiap perspektif (Finansial, CS, Internal
Business Process atau Operational Excellence, Learning & Growth atau
people development)
4. Membuat strategik mapping (template tersedia atau bikin model sendiri)
5.Mengisi KPI bisnisnya - KPI korporasi -Divisi-Departemen mengikuti 4 perspektif BSC di atas
6. Mengisi target masing-masing KPI (batas bawah dan batas atas) sesuai jenis KPI nya ada KPI positif ada KPI negatif
7. Mengisi nilai angka masing-masing KPI (value REAL TIME)
8. Tampilan model dasboard (radar, time, optimization, pie, risk, kpi overview, risk, GAUGE model)
9. Analisa tipe (performance, progress, bobot absolut dan forecasting)
10. Rencana kerja untuk KPI yang belum tercapai (OMTIRAI)
11.. Report model (eksport ke excell dn MS word dll)
Dalam
pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk memahami konsep penilaian
kinerja , berbagai metode, aplikasi sistem hingga pelaksanaan penilaian
kinerja yang baik dan mampu memotivasi karyawan agar berkinerja secara maksimal.
Workshop
ini didesain juga untuk memandu para peserta membuat sebuah Performance
Appraisal system yang obyektif dengan menggunakan Key Performance Indicators
secara tepat, benar dan optimal. Workshop ini juga akan diuraikan mengenai cara
mengukur dan memonitor pencapaian KPI serta target kinerja yang telah
ditetapkan.
Dalam Workshop ini seluruh peserta diwajibkan praktek langsung
penilaian karya (performance appraisal) dengan KPI sehingga setelah selesai
workshop seluruh peserta dapat implementasi di perusahaan masing-masing.
PESERTA :
Direktur & Manajer Fungsional (Finance, HRD,
Operation, Supply Chain, Purchasing, Production, Engineering, etc), Internal
Consultant, Change Agent, Performance Specialist, QMR atau Performance
Improvement technologist, Para staf, supervisor dan Manajer yang terlibat
langsung dalam Implementasi Performance Management System.
METODE :
1. Case study
2. Best practice sharing
3. CBT (computer-based training)
4. Practical HR software / technology
5. Accelerated program
1. Case study
2. Best practice sharing
3. CBT (computer-based training)
4. Practical HR software / technology
5. Accelerated program
BONUS :
Software BCS dan software PA , Kamus KPI
Fasilitator
:
Haris H.
Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior
Consultant SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan
di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional,
beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management
Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE
Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can
Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di
antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan
Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan
Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik,
Departemen Industri RI, PT Kansai, Allianz Group, RS Premier Ramsay
group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek
HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki
sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER) pada beberapa perusahaan seperti Akira Data,
Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites
dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP
Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi
profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan
Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM The Indonesia Society of
Human Resource Management (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan
pelatihan dan kajian SDM.
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR Forum, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson
Indonesia , PT Indo Human Resouces, PT Intracopnta, Samchad Indonesia, PMSM Indonesia dlsb.
REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
----------------------
Pendaftaran
dan In-House Training :
Mrs. Luska
Mrs. Luska
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi:
Rp 2.000.000 / peserta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar