haris

Senin, 08 Juli 2019

Training Evaluation - ROTI - Checklist Assesment

5 MODEL EVALUASI PELATIHAN (Training Evaluation & ROTI) 

HOTEL FAVE LTC JAKARTA
                                                           Jumat 26 Juli 2019



 
Pendahuluan

Pelatihan pada dasarnya mengandung unsur-unsur pembinaan dan pendidikan. Pelatihan merupakan suatu fungsi manajemen yang perlu dilaksanakan terus-menerus dalam rangka pembinaan sumber daya manusia dalam organisasi. Sedangkan evaluasi merupakan komponen dalam sebuah manajemen program pelatihan. Setiap membuat kegiatan pelatihan harus dimulai dan diakhiri dengan adanya evaluasi, sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan ketika pelatihan sedang berjalan. Kegiatan evaluasi juga dapat memberikan gambaran tentang keberhasilan sebuah pelatihan.

Perkembangan bisnis dan persaingan pasar dewasa ini bergerak dengan sangat cepat dan dinamis. Kondisi itu merupakan tantangan yang harus dijawab oleh banyak organisasi untuk bersikap lebih proaktif salah satunya adalah dengan melakukan program pengembangan organisasi dan SDM-nya.
Banyak organisasi telah menyadari bahwa pengembangan SDM menjadi kunci terpenting, karena itu program training & development menjadi perhatian besar demi perkembangan organisasi saat ini dan di masa yang akan datang. Namun ironisnya, tidak sedikit organisasi yang masih menganggap bahwa training & development adalah sebuah kegiatan sia-sia yang hanya menghabiskan uang, tenaga dan waktu. Kegiatan training hanya dianggap sebagai cost centre, tanpa membawa perubahan sama sekali.
Sebenarnya, untuk mengetahui apakah kegiatan pelatihan yang telah dilakukan membawa dampak signifikan bagi organisasi atau tidak, hanya bisa diketahui jika organisasi tersebut melakukan evaluasi training dengan benar. Sudahkah hal itu dilakukan?

Evaluasi Pelatihan dilakukan untuk memberikan beberapa informasi penting buat organisasi yaitu pertama apakah training yang telah dilaksanakan memberikan manfaat atau tidak bagi organisasi, pada tahap ini evaluasi memberikan informasi seberapa efektifnya training dilaksanakan dan apa manfaatnya buat organisasi. Kedua Evaluasi training digunakan untuk melakukan Continious Improvement, melakukan perbaikan dari hari ke hari tentang pelaksanaan training di dalam organisasi.
Jika kita pelajari lebih jauh, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam evaluasi training yang sering kita sebut sebagai level evaluasi. Evaluasi level 1 sering disebut dengan Reaction, level 2 sering disebut Laerning, level 3 disebut Behavior, level 4 disebut Result dan level 5 sering dikenal dengan istilah ROTI (Return on Training Investment).
Apa dan bagaimana Evaluasi Pelatihan Training Evaluation yang benar? Apa manfaat Training Evaluation bagi organisasi? kapan harus melakukan Training Evaluation? Siapa yang harus melakukan?

Program training ini akan mengupas itu semua termasuk kelima level evaluasi training secara sederhana dan mudah.Dan bagaimana menyusun training skill matriks dan checklist skill matrik untuk mendapatkan TNA.

Sasaran Program :
  • Membakali seluruh peserta dengan knowledge tentang konsep Kompetensi
  • Membekali seluruh peserta dengan knowledge tentang Training Cycle
  • Membekali seluruh peserta dengan kompetensi (Skill, Knowledge dan Attitude) apa dan bagaimana melakukan Evaluasi Training dari level 1 (Reaction) sampai dengan level 5 (ROTI)
  • Diharapkan setelah program training ini selesai dilaksanakan seluruh peserta mampu mendesain Training Evaluation level 1 s/d 5
Outline :

  •     Pendahuluan : Training Cycle Dynamic & Konsep Kompetensi
  •     Skill matriks - TNA - cheklist assesments
  •     Sasaran Pelaksanaan Evaluasi Training
  •     5 level Evaluasi Training
  •     Jenis Data pada Evaluasi Training
  •     Metoda pengumpulan Data (Kualitatif – Kuantitatif)
  •     Desain Skala Pengukuran
  •     Desain Evaluasi Training level 1 s/d 5
  •     -  Level 1 : Reaction
  •     -  Level 2 : Learning
  •     -  Level 3 : Behavior
  •     -  Level 4 : Result
  •     -  Level 5 : ROTI
  •     Latihan & praktek 


BONUS :
Software-software HRD (Assessment, training), matriks skill, ROTI software dll

Fasilitator :

Haris H. Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, PT.Indo Human Resource, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Intracopenta, PMSM Indonesia dlsb.

My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Anova

  HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 3.000.000 / peserta 
Invoice (bayar setelah acara) : Rp 3.500.000

—————————————————————————–
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal                  :
Nama                     :
Perusahaan            :
No. Telp                  :
No.HP                    :
PIN BB                   :
Email                      :
Transfer tgl             :
—————————————————————————-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar