haris

Sabtu, 15 Agustus 2020

SINARMAS GROUP batch 1 - JOB PROFILE, RACI MATRIX & JOB EVALUATION, how market & organization value them. (Today Progress - Lives) - WITH HR HOUSE INDONESIA CONSULTING

  

SINARMAS GROUP batch 1 - JOB PROFILE, RACI MATRIX & JOB EVALUATION, how market & organization value them. (Today Progress - Lives) - WITH HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
#hrhouseindonesia

 

 
Workshop ini akan dimulai dengan pembahasan konsep membuat analisa jabatan (job description) , menyusun RACI matrix dalam pembagian tugas yang jelas beserta peran dan tanggung jawab dalam mencapai sasaran atau goal perusahaan, serta evaluasi Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.

Senang dengan respons dan komitmen peserta dan manajemen Sinarmas Group dalam acara full day session. Success always bro and sis....

 

 

 

Job Description adalah sebuah kumpulan informasi jabatan dan disusun secara sistematis yang diperoleh melalui Job Analysis, yang dapat mengidentifikasi dan menguraikan suatu jabatan atau posisi tertentu. Dengan Job Description akan membuat status setiap jabatan menjadi jelas akan: Fungsi & Perannya, Hasilnya, Tanggung jawabnya.

Menyusun job desk pada hakikatnya adalah sebuah pekerjaan di mana manajer SDM (atau orang yang berhubungan pengelolaan sumber daya manusia) bertugas menyusun tugas dan tanggung jawab yang diemban seseorang di wilayah/lingkup kerja tertentu.

Harus diketahui bahwa menyusun job desk tidaklah mudah, sebab mesti disesuaikan dengan kemampuan individual pekerja/karyawan dan juga kebutuhan pekerjaan yang harus ditangani oleh sebuah organisasi/perusahaan.

Dalam training ini akan di paparkan juga secara terstruktur apa peran dan tanggung jawab setiap personel yang berada di dalam suatu organisasi, sehingga setiap orang akan menyadari dan menerima apa yang menjadi tanggung jawabnya (Responsibility). Siapa yang akan menanggung beban dari tanggung jawab yang ia emban (Accountibility). Kepada siapa ia mengkonsultasikan apa yang berlangsung di dalam pekerjaannya (Consulted) dan akhirnya kepada siapa ia harus melaporkan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya (Informed).

Merumuskan jabatan secara akurat adalah salah satu unsur penting dalam pengembangan organisasi di suatu Perusahaan.  Apa makna jabatan bagi suatu perusahaan perlu ditentukan.  Apakah terkait dengan lingkup kerja, bobot kerja, kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkinerja secara optimal di dalam suatu jabatan, atau lainnya.  Filosofi yang ada di belakang formulasi jabatan di satu Perusahaan akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan.  Serta manfaat dan link apa yang bisa didapat dari perumusan jabatan dengan sistem-sistem SDM lainnya.

Workshop ini akan dimulai dengan pembahasan konsep membuat analisa jabatan (job description) , menyusun RACI matrix dalam pembagian tugas yang jelas beserta peran dan tanggung jawab dalam mencapai sasaran atau goal perusahaan,  serta evaluasi Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.  Metode yang digunakan mengikuti metode Internasional.

 

Sasaran pelatihan :

  1. Peserta mampu menyusun ,membuat dan memverifikasi job description atas teamnya
  2. Peserta mampu menyusun, membuat RACI Matrix dan memvalidasinya
  3. Peserta mampu melakukan job evaluasi 

 

Materi Training

  1. Job Analisa (pembuatan dan pengenalan Jon Description)
    1. Pengertian Job Description
    2. Manfaat kegunaan Job description
    3. Tipe Job Description
    4. Langkah-langkah melakukan pembuatan Job Description
    5. Job Description berbasis KPI & Kompetensi
  2. Konsep RACI dan cara membuat dan menyusun RACI matrix
    1. Peran dan Tanggung Jawab dalam suatu Organisasi
    2. Pengertian RACI
    3. Konsep RACI
    4. Manfaat dan Tujuan RACI
    5. Peta / Matrix Peran dan Tanggung Jawab
    6. Lembar Peranan RACI
    7. Langkah-langkah dalam pelaksanaan RACI
    8. Manfaat RACI dalam pencapaian GOAL

 

  1. Job evaluasi d
    1. Faktor-faktor Job Evaluasi
    2. Langkah-langkah dalam melakukan Job Evaluasi
    3. Melakukan pembobotan grading model 
Fasilitator :

Haris H. Sidauruk
Saat ini beliau adalah founder HR HOUSE INDONESIA CONSULTING &  menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO, PT Halim Teknik, PT Fajar Mas Murni, Waruna Shipyard Indonesia, RS Eka Hospital, PT Siloam International Hospitals, Tbk, PT Internasional Prima Coal Batubara, PT Gajah Unggul Internasional, PT Hadji Kalla Group, PT Riung Mitra Lestari, PT Sapta Indra Sejati, PT Super Graha Makmur, PT Super Steel Kerawang, PT Tracon Industri (Rekin Group), PT Triniti Property, PT Fiskar International (Royal Doulton Indonesia), PT Bambang Djaja, Bima Multi Finance, PT PLN (Persero), PT Waskita Karya (Perero), PT Sinar Mas Group dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan DAN KAJIAN sdm.  Mengajar pada public workshop dan inhouse training di Group dan forum HR, HRM Indonesia, PT Indo Human Resource, Epiwalkcentrum, Seminar-seminarku, Infoseminar, Warta Training, PT Jhonson  Indonesia,  PT Intracopenta, PMSM Indonesia, Samchad Indonesia,  Indo HR Prof. , HRD Forum dlsb


My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Luska

  HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Inhouse Training Rp 35.000.000

—————————————————————————–
Form Pendaftaran :  CSSD - CCBP
Tanggal                  :
Nama                     :
Perusahaan            :
No. Telp                  :
No.HP                    :
PIN BB                   :
Email                      :
Transfer tgl             :
——————————————————



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar