haris

Sabtu, 22 April 2017

PERFORMANCE MANAGEMENT BSC-KPI BASED WORKSHOP (WITH BSC SOFTWARE ) & EFFECTIVE PERFORMANCE APPRAISAL (WITH PA SOFTWARE) 6 Mei 2017

Acara

Sabtu 6 Mei 2017

Belajar Bersama

PERFORMANCE MANAGEMENT BSC-KPI BASED WORKSHOP  (WITH BSC SOFTWARE )  & EFFECTIVE PERFORMANCE APPRAISAL (WITH PA SOFTWARE)

06 Mei 2017
Hotel IBIS SENIN




Latar Belakang
Balanced scorecard adalah metoda yang dikembangkan Kaplan dan Norton untuk mengukur setiap aktivitas yang dilakukan dalam rangka merealisasikan tujuan Perusahaan. Tujuan dilakukannya workshop ini adalah Perusahaan mampu membangun peta strategi dan Key Performance Indicator (KPI) beserta target.

Dimulai dari pemahaman Customer value proposition, apa yang diinginkan customernya , maka  semua produsen (manufacture, retailer, rumah sakit, perkebunan, mining, oil company, constructions,   perusahaan negara dll)  baik yang ouputnya berupa  produk maupun jasa dll, menjadikan ini sebagai titik acuan bisnis strategi intensnya (VMVS) untuk mampu mencapai sasaran bisnis atau tujuan bisnis organisasinya dalam tahun fiskal berjalan atau dalam 3Y plan to 5 Y plan.

Organisasi harus memberikan hasil bagi customernya (stakeholdersnya)  ini yang kita kenal sebagai strategic outcomes.  Jadi ada 3 hal yang harus dihasilkan yaitu outcomes (nilai-nilai terbaik yang dapat diberikan kepada pelanggan oleh sebuah organisasi), output (hasil yang dapat diberikan oleh unit bisnisnya) dan aktivitas/pencapaian (hasil yang baik yang dihasilkan setiap individu organisasi-karyawan).

 Dalam workshop ini juga akan dibahas bagaimana menyusun sebuah KPI korporasi dan harus dapat diturunkan kepada KPI divisi atau unit bisnis dapat diturunkan ke KPI departemen dan juga diturunkan kepada KPI Individu atau KPI Karyawan. (cascading down) .  Selama ini KPI di banyak perusahaan tidak nyambung atau tidak ada koneksi antara KPI bisnis-KPI Korporasi  dangan KPI Individu, sementara biaya pengeluaran terkait personal cost terus meningkat dan perusahaan tidak menunjukkan kinerja utamanya.  Sebabnya tidak lain tidak bukan adalah KPI individu dalam sebuah organisasi kebanyakan dibuat dari KPI yang diambil dari "task" atau job desknya jadi tidak akan mendongkrak ke arah positif atas kinerja KPI korporasinya atau KPI Bisnis organisasi. Dan peserta akan diajarkan membuat kamus KPI untuk semua komponen perspektif BSC organisasi.


Dalam organisasi juga harus dibedakan antara hal-hal yang dikontrol dalam penyelenggaraan organisasi (items to be controlled) dengan KPI bisnis.  Pastikan organisasi  dapat membedakannya tidak semua “item to be controlled” menjadi KPI. Bagaimana membedakannya.? Dari sasaran strategi pada 4 perspektif BSC corporate diturunkan mulai ke divisi hingga departemen hingga KPI individu. Untuk items to be controlled terkait  COST misalnya, dalam daftar ada maintenance cost dan training cost ini adalah KPI bisnis karena mampu menutup semua gap (celah) dari sasaran strategi perspektif finansial yang mau dicapai dengan apa yang diukur oleh KPI bisnis tadi..  Jadi items to be controlled belum tentu menjadi KPI bisnis, tetapi KPI Bisnis pasti bagian dari items to be controlled.  Maka KPI Bisnis diartikan sebagai “seluruh aspek dari sasaran strategis terukur”.
  
Dan peserta akan diajarkan membuat kamus KPI untuk semua komponen perspektif BSC organisasi.
 
OBJECTIVES
Setelah mengikuti workshop, peserta diharapkan untuk mampu:
         Memahami konsep BSC & KPI-based Management dan peran individu dalam  Performance Management
         Memahami langkah-langkah dalam menerapkan KPI-based Performance Management
         Implementasi KPI & Performance Management untuk level divisi dan individu, Critical  Success Factor dan KPI sebagai satuan ukuran kinerja
         Memahami hambatan-hambatan dalam penerapan Balanced Scorecard / KPI
         Mampu menggunakan software BSC sebagai alat bantu REAL TIME
         Dapat menyusun performance appraisal  berbasis komposisi 60% KPI dan 40% Kompetensi
         Mampu menggunakan software performance appraisal link terhadap KPI bonus 


Materi:

1.     Pendahuluan : Performance Management System & BSC

2.     Strategic: Situation Analysis

3.     Strategic : Formulation Analysis

4.     Visi,Misi, & Objective

5.     Corporate Performance statement

6.     Corporate Scorecard

7.     Strategy Mapping & Objective

8.     Key Performance Indicator

9.     Jenis-jenis KPI

10.                        Leading & Lagging Indicators

11.                        Membedakan KPI dan Non KPI

12.                        Strategic initiatives

13.                        Divisional Scorecards (Cascading)


a.      Strategy Mapping

b.     Objective,KPI,Target, Initiative,Result,Analysis, Improvement

14.                        Individual scorecard (cascading)
a.     Objective,KPI,Target, Initiative
15.                        Strategic Implementation
a.     Program, Budgeting, Procedure
16.                        Alignment & Premium Execution
17.                        Dasboard
18.                        Aplikasi ke Individual Performance
a.     Performance Plan
b.     Performance Review
c.      Performance Appraisal
19.                        Siklus Performance Management
20.                        Integrasi ke dalam system manajemen
21.                        Monitoring,Evaluating & Controlling
22.                        Kamus KPI & bagaimana menyusun KPI



Dalam acara 1 hari ini juga belajar menggunakan alat BSC software real time yang dilakukan pembelajaran mulai dari :

1,Mengisi Tujuan bisnis (business goals)
2,Mengisi Mission statement dan vision VMVS  (bisa juga dengan mengupload filenya bila sudah ada dan terpisah)
3. Menyusun sasaran strategik setiap perspektif (Finansial, CS, Internal Business Process atau Operational Excellence, Learning & Growth atau people development)
4. Membuat strategik mapping (template tersedia atau bikin model sendiri)
5.Mengisi KPI bisnisnya - KPI korporasi -Divisi-Departemen mengikuti 4 perspektif BSC di atas
6. Mengisi target masing-masing KPI (batas bawah dan batas atas) sesuai jenis KPI nya ada KPI positif ada KPI negatif
7. Mengisi nilai angka masing-masing KPI (value REAL TIME)   
8. Tampilan model dasboard  (radar, time, optimization, pie, risk, kpi overview, risk, GAUGE model)
9. Analisa tipe (performance, progress, bobot absolut dan forecasting)
10. Rencana kerja untuk KPI yang belum tercapai (OMTIRAI)
11.. Report model (eksport ke excell dn MS word dll)  

Dalam pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk memahami konsep penilaian kinerja , berbagai metode, aplikasi sistem hingga pelaksanaan penilaian kinerja yang baik dan mampu memotivasi karyawan agar berkinerja secara maksimal.



Workshop ini didesain juga untuk memandu para peserta membuat sebuah Performance Appraisal system yang obyektif dengan menggunakan Key Performance Indicators secara tepat, benar dan optimal. Workshop ini juga akan diuraikan mengenai cara mengukur dan memonitor pencapaian KPI serta target kinerja yang telah ditetapkan. 

Dalam Workshop ini seluruh peserta diwajibkan praktek langsung penilaian karya (performance appraisal) dengan KPI sehingga setelah selesai workshop seluruh peserta dapat implementasi di perusahaan masing-masing.









   

PESERTA :
Direktur & Manajer Fungsional (Finance, HRD, Operation, Supply Chain, Purchasing, Production, Engineering, etc), Internal Consultant, Change Agent, Performance Specialist, QMR atau Performance Improvement technologist, Para staf, supervisor dan Manajer yang terlibat langsung dalam Implementasi Performance Management System.



METODE :
1.    Case study
2.    Best practice sharing
3.    CBT (computer-based training)
4.    Practical HR software / technology
5.    Accelerated program
BONUS :

Software BCS dan software PA , Kamus KPI

Fasilitator :


Haris H. Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan dan kajian SDM.

Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR Forum, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Indo Human Resouces, PT Intracopnta, Samchad Indonesia, PMSM Indonesia dlsb.



REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Luska

HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 2.000.000 / peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar