haris

Sabtu, 11 Agustus 2018

CHRE CERTIFIED HUMAN RESOURCE EXECUTIVE Sep - Okt 2018 by HR HOUSE INDONESIA

CHRE CERTIFIED HUMAN RESOURCE EXECUTIVE Sep - Okt 2018 by HR HOUSE INDONESIA
Bagaimana anda menjawab bila ada salah satu pertanyaan terkait : "Peningkatan sales lebih kecil dari Labor cost, makin lama makin parah, apa yg hrs dilakukan HR?
Berikut response terkait masalah di atas:
Ada 2 pendekatan secara struktural.yg pertama dari sales (marketing)operation .pastikan budgeting (anggaran) nya sales harus berbasis kajian yang kuat dari market research business developmentnya.yang ini harus benar2 tahu prinsipal2 yg produknya strong dibutuhkan costumer artinya jgn sampai jual sales tapi tdk sesuai kebituhan pasar.(sy drop dulu ya). Nti sy lanjut lagiya.lanjut dulu dg akrivitas sy.

Nah saat produk dari prinsipal (sdh drop down) maka budgeting penganggaran sales marketingnya harus dihitung benar hingga COGS nya korek sehingga anggaran gross marginnya tdk beda jauh antara anggaran dan realitanya ( kalo di modul finance sy namanya effective budgetting dan cost control).bagaimana melakukan penjualan yg efektif dan produktif maka MSCOE marketing strategic center of excellence harus mampu membuat strategi marketing yg mendorong pencapaian hasil bisnis optimum (jadi ada 2 fungsi marketing di dalam sbh prsahaan). Nah hasil penjualan sales dan strategi marketing ini harus tek tok annya bener dan serasi alias terpadu klo mo dapat 2 triliun budget revenue salesnya.nah ini juga bagian yg sangat sulit dan krusial bagi ceo ( gw lebih suka ini daripada bilang PD) untuk melihat due diligen frame worknya udah bener atau tidak (every month ceo harus bikin tek tokannya sendiri). Nah hal yg sama sebelum menjawab knp sales nya lebih kecil dari pada total operating cost (salah satu komponennya misalnya labor cost).maka pastikan anggaran labor costnya cara hitungnya yg pertama sdh bener ngak?.baru lakukan cost controlnya.nah itu adalah struktur pertama yg harus benar dan profit (sy kebetulan lg support bbrp prshaan). Sedangkan struktur ke2 yg dilhat dari sales n marketing peoplenya dan supporting peoplenya (hrga , pnl, fico, project dll). Selain managerial n distinguish competency yg harus di drill (sy bilangnya bukan diassess krn klo yg ini cuman buat dokumen:smile:) dg alat bantu IT hingga kinerja hariannya drive up.dan tidak lupa model komisinya harus benar2 diubah dari cara hitung model yg existingnya.dan ini dimonitor oleh up levelnya berbasis harian.terus gmn donk dg yg supporting lain (belum bagian HR nya).nah supporting yg lainnya harus dipastikan output mereka on daily basis diukur (maka ukurannya harus jelas dan simple sebelum plug in ke IT tool/software measure).khususnya buat orang fico harus membuat anggaran prognosa AR harus tepat dan tereksekusi klo ngak yah working capitalnya ngak ada (nah ini dia kelenahan banyak prshaan std nya cuman tukis 2 x
Cuma tulis 2 x biaya operasional.harusnya stated berapa arus kas yg harus ada on daily basis. Nah kurang lebih peran HR itu harus tahu business acumen nya (salah satunya proses improvement orang hr (mau hrbp cor hrba apapun namanya itu)harus mau belajar bagaimana proses bisnis itu bisa diimprove.jadi bukan melulu belajar pilar2 HR nya.nah barangkali itu yg sy bisa share.kebetulan lagi bantu bantu bbrp prshaan berusaha mencapai target bisnis optimalnya misalnya 2T, 3T.amien).salam haris h.sidauruk (hayu ikut CHRE)

 Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut
Hub : Mrs Anova (0811891352)
Belajar bersama berbasis pengalaman konsulting di beberapa perusahaan dan mengajar publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar