haris

Minggu, 03 Oktober 2021

TWO DAY TRAINING & WORKSHOP BSC-KPI- BASED PERFORMANCE MANAGEMENT WORKSHOP (PENETAPAN BSC KPI & TARGET KERJA) 2022 PLUS BSC SOFTWARE

 

  TWO DAY TRAINING & WORKSHOP
BSC-KPI- BASED PERFORMANCE MANAGEMENT WORKSHOP (PENETAPAN BSC KPI & TARGET KERJA) 2022 PLUS BSC SOFTWARE

Biaya Investment Rp 5.000.000/peserta

   KAMIS - JUMAT, 14 -15 OKTOBER 2021

HOTEL FAVE JAKARTA















 

Dear  Bapak & Ibu,Silahkan menghubungi kami bila memerlukan dalam rangka membantu dan mensinergikan Visi Misi Value dn Strategi organisasi ke dalam KPI korporasi diturunkan ke KPI Divisi ke KPI Departemen ke KPI Individu dan membuat Performance Appraisal berbasis kepada KPI yang merujuk pada kenaikan gaji baru dan Bonus setiap tahunnya.  Semoga bermanfaat.  Baru-baru ini saya lakukan pada jajaran management dan BOD sebuah perusahaan (Rekin Group) yang leading dalam dunia line up bisnisnya, terus berusaha majus terus terus maju. Well DONE.Salam,




     
    TRINITY LAND GROUP
   
PUBLIC WORKSHOP
              RS EKA HOSPITAL 




 
 
REKIND GROUP 

Latar Belakang 
BSC KPI  harus mempunyai korelasi positif membantu perusahaan dalam mengukur pencapaian kinerjanya.  Kenapa masih banyak perusahaan belum bisa mengoptimalkan penggunaan BSC KPI ? Tidak lain tidak bukan antara lain penyebabnya:
1. Pemahaman BSC KPI belumlah sama di semua lini
2. Tidak semua losses diukur dan dipetakan
3. Diagnostic peran dan kontribusi individu (bila ada),  team, departemen , dan divisi tidak dianalisa sehingga menyebabkan, ada group yang santai dan ada group yang kerja keras
4. Fokus pada pesrfektif L & G sangat kurang dan cukup diabaikan
5. Tidak menganalisa apakah KPI nya sudah tepat
6/ Tidak menganalisa apakah besaran kontribusi masing-masing bagian sudah tepat, sehingga peran leadernya menjadi benar dalam mendukung BSC KPI organisasi
7. Mental block untuk bertransformasi masih tinggi. Apa yang harus dilakukan
8. Monitoring V grap tidak jalan

Balanced scorecard adalah metoda yang dikembangkan Kaplan dan Norton untuk mengukur setiap aktivitas yang dilakukan dalam rangka merealisasikan tujuan Perusahaan. Tujuan dilakukannya workshop ini adalah Perusahaan mampu membangun peta strategi dan Key Performance Indicator (KPI) beserta target.Dimulai dari pemahaman Customer value proposition, apa yang diinginkan customernya , maka  semua produsen (manufacture, retailer, rumah sakit, perkebunan, mining, oil company, constructions,   perusahaan negara dll)  baik yang ouputnya berupa  produk maupun jasa dll, menjadikan ini sebagai titik acuan bisnis strategi intensnya (VMVS) untuk mampu mencapai sasaran bisnis atau tujuan bisnis organisasinya dalam tahun fiskal berjalan atau dalam 3Y plan to 5 Y plan.Organisasi harus memberikan hasil bagi customernya (stakeholdersnya)  ini yang kita kenal sebagai strategic outcomes.  Jadi ada 3 hal yang harus dihasilkan yaitu outcomes (nilai-nilai terbaik yang dapat diberikan kepada pelanggan oleh sebuah organisasi), output (hasil yang dapat diberikan oleh unit bisnisnya) dan aktivitas/pencapaian (hasil yang baik yang dihasilkan setiap individu organisasi-karyawan). Dalam workshop ini juga akan dibahas bagaimana menyusun sebuah KPI korporasi dan harus dapat diturunkan kepada KPI divisi atau unit bisnis dapat diturunkan ke KPI departemen dan juga diturunkan kepada KPI Individu atau KPI Karyawan. (cascading down) .  Selama ini KPI di banyak perusahaan tidak nyambung atau tidak ada koneksi antara KPI bisnis-KPI Korporasi  dangan KPI Individu, sementara biaya pengeluaran terkait personal cost terus meningkat dan perusahaan tidak menunjukkan kinerja utamanya.  Sebabnya tidak lain tidak bukan adalah KPI individu dalam sebuah organisasi kebanyakan dibuat dari KPI yang diambil dari “task” atau job desknya jadi tidak akan mendongkrak ke arah positif atas kinerja KPI korporasinya atau KPI Bisnis organisasi. Dan peserta akan diajarkan membuat kamus KPI untuk semua komponen perspektif BSC organisasi.Dalam organisasi juga harus dibedakan antara hal-hal yang dikontrol dalam penyelenggaraan organisasi (items to be controlled) dengan KPI bisnis.  Pastikan organisasi  dapat membedakannya tidak semua “item to be controlled” menjadi KPI. Bagaimana membedakannya.? Dari sasaran strategi pada 4 perspektif BSC corporate diturunkan mulai ke divisi hingga departemen hingga KPI individu. Untuk items to be controlled terkait  COST misalnya, dalam daftar ada maintenance cost dan training cost ini adalah KPI bisnis karena mampu menutup semua gap (celah) dari sasaran strategi perspektif finansial yang mau dicapai dengan apa yang diukur oleh KPI bisnis tadi..  Jadi items to be controlled belum tentu menjadi KPI bisnis, tetapi KPI Bisnis pasti bagian dari items to be controlled.  Maka KPI Bisnis diartikan sebagai “seluruh aspek dari sasaran strategis terukur”.Dan peserta akan diajarkan membuat kamus KPI untuk semua komponen perspektif BSC organisasi.LAST BUT NOT LEAST  Kita punya CFO  dalam rapat biasanya menyampaikan anda punya DASHBOARDnya hijau semua (KPI nya bagus semua) BUT kita tidak punya duit. Apa yang sebenarnya terjadi dalam organisasi anda.? Dibahas juga apa itu Cost Deployment dll.OBJECTIVESSetelah mengikuti workshop, peserta diharapkan untuk mampu:     ·         Mampu membuat Visi, Misi, dan Destination Statementnyao   Align vision statement dengan company strategy mapo   Align mision statement dengan company strategy mapo   Align strategic positioning & differentiation dengan company strategy mapo   Menurunkan strategy map dari setiap perspektif BSC (4 perspektif) o   Membuat dan menurunkan KPI perusahaan dari  masing -masing company strategy map·         Menurunkan strategy map dari setiap perspektif BSC (4 perspektif)      Membuat dan menurunkan KPI perusahaan dari masing-masing company strategy map
      Memahami konsep BSC & KPI-based Management dan peran individu dalam  Performance Management
·         Memahami langkah-langkah dalam menerapkan KPI-based Performance Management
·      Implementasi BSC – KPI & Performance Management untuk level divisi dan individu, Analisa SWOT,  perumusan strategi, Sasaran strategi,  Critical  Success Factor dan KPI sebagai satuan ukuran kinerja , penetapan target, initiatif strategis
.         Mampu membuat KPI dari problem yang terjadi (SWOT Analysis)
·         Memahami hambatan-hambatan dalam penerapan Balanced Scorecard / KPI
·         Mampu menggunakan software BSC sebagai alat bantu REAL TIME
·         Dapat menyusun performance appraisal  berbasis komposisi 60% KPI dan 40% Kompetensi
.       Mampu menggunakan software performance appraisal link terhadap KPI bonus
.       Memahami konsep bagaimana HC scorecard, Workforce Scorecard dibuat dan apa saja komposisinya, dan bagaimana hubungannya dengan Business Scorecard BSC.
Materi:
1.      Pendahuluan : Performance Management System & BSC
2.      Strategic: Situation Analysis
3.      Strategic : Formulation Analysis
4.   Visi,Misi, & Objective
5.     Corporate Performance statement
6.     Corporate Scorecard
7.   Strategy Mapping & Objective
8.     Key Performance Indicator
9.     Jenis-jenis KPI
10.  Leading & Lagging Indicators
11.  Membedakan KPI dan Non KPI
12.  Strategic initiatives
13.  Divisional Scorecards (Cascading)
14.  Strategy Mapping
15.  Objective,KPI,Target, Initiative,Result,Analysis, Improvement
16.  Individual scorecard (cascading)
17.  Objective,KPI,Target, Initiative
18.  Strategic Implementation
19.  Program, Budgeting, Procedure
20.  Alignment & Premium Execution
21.  Dasboard
22.  Aplikasi ke Individual Performance
23.  Performance Plan
24.  Performance Review
25.  Performance Appraisal
26.  Siklus Performance Management
27.  Integrasi ke dalam system manajemen
28.  Monitoring,Evaluating & Controlling
29.  Kamus KPI & bagaimana menyusun KPI BISNIS OMTIRAI
30.  Membuat KPI proses normal (diturunkan dari Visi Misi Vale dan Strategi)
31.  Membuat KPI dari proses tidak normal/problem perusahaan (diturunkan dari SWOT)
32. Hubungan Business Scorecard dengan Workforce Scorecard, dan HC Scorecard, apa saja kontentnya dan bagaimana pengaruh HC Scorecard dan Workforce Scorecard yang kuat terhadap pencapaian hasil bisnis dalam BSC KPI

Dalam acara 1 hari ini juga belajar menggunakan alat BSC software real time yang dilakukan pembelajaran mulai dari :
1,Mengisi Tujuan bisnis (business goals)
2,Mengisi Mission statement dan vision VMVS  (bisa juga dengan mengupload filenya bila sudah ada dan terpisah)
3. Menyusun sasaran strategik setiap perspektif (Finansial, CS, Internal Business Process atau Operational Excellence, Learning & Growth atau people development)
4. Membuat strategik mapping (template tersedia atau bikin model sendiri)
5.Mengisi KPI bisnisnya – KPI korporasi -Divisi-Departemen mengikuti 4 perspektif BSC di atas
6. Mengisi target masing-masing KPI (batas bawah dan batas atas) sesuai jenis KPI nya ada KPI positif ada KPI negatif
7. Mengisi nilai angka masing-masing KPI (value REAL TIME)
8. Tampilan model dasboard  (radar, time, optimization, pie, risk, kpi overview, risk, GAUGE model)
9. Analisa tipe (performance, progress, bobot absolut dan forecasting)
10. Rencana kerja untuk KPI yang belum tercapai (OMTIRAI)
11.. Report model (eksport ke excell dn MS word dll)  
Dalam pelatihan ini peserta akan dibimbing untuk memahami konsep penilaian kinerja , berbagai metode, aplikasi sistem hingga pelaksanaan penilaian kinerja yang baik dan mampu memotivasi karyawan agar berkinerja secara maksimal.
Workshop ini didesain juga untuk memandu para peserta membuat sebuah Performance Appraisal system yang obyektif dengan menggunakan Key Performance Indicators secara tepat, benar dan optimal. Workshop ini juga akan diuraikan mengenai cara mengukur dan memonitor pencapaian KPI serta target kinerja yang telah ditetapkan.
Dalam Workshop ini seluruh peserta diwajibkan praktek langsung penilaian karya (performance appraisal) dengan KPI sehingga setelah selesai workshop seluruh peserta dapat implementasi di perusahaan masing-masing.








PESERTA :Direktur & Manajer Fungsional (Finance, HRD, Operation, Supply Chain, Purchasing, Production, Engineering, etc), Internal Consultant, Change Agent, Performance Specialist, QMR atau Performance Improvement technologist, Para staf, supervisor dan Manajer yang terlibat langsung dalam Implementasi Performance Management System. 

METODE : 
1.    Case study
2.    Best practice sharing
3.    CBT (computer-based training)
4.    Practical HR software / technology
5.    Accelerated program 
BONUS :Software BCS dan software PA , Kamus KPI, KPI BISNIS OMTIRAIBSC Template (Excell) 14 lembar, , Bermacam-macam ebooks BSC & KPI , Performance 
Fasilitator :Haris H. Sidauruk 
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll . Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan dan kajian SDM.Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR Forum, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Indo Human Resouces, PT Intracopenta, Samchad Indonesia, PMSM Indonesia dlsb. 
REGISTRASI & INVESTASI
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Luska


HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 5.000.000 / peserta. publik
Investasi Inhouse
#hrhouseindonesia
https://www.linkedin.com/in/haris-h-sidauruk-53693213/detail/recent-activity/shares/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar