haris

Senin, 03 Agustus 2015

Talent Management Indonesia

Hola wow talent Indonesia,

Tahun 2015 ini keadaan sangat ketat (tingkat survival) industri atau organisasi perusahaan  menjadi tinggi akibat imbas ekonomi globalisasi.  Indonesia pun tidak luput tetapi tentunya kita harus tetap optimis semua pasti berlalu. Banyak perusahaan sudah melakukan reposisi organisasi value proposisi untuk menjadi lebih bertahan, smart dan tetap eksis dalam bidang bisnisnya dan juga melakukan revew dan revisit sistem talen management nya.

Bicara talent secara nasional tidak telepas dari 2 hal yaitu :
1. Potensi dan kondisi ekonomi Indonesia (tahun 2015 dan juga outlook ke depan)
2, Bagaimana dengan talent (tantangan, situasi dan kondisi, pengembangan dan  trend).

Kodisi ekonomi kita saat ini sama seperti negara lain juga kena dampak ekonomi global, yang membuat arah pencapaian target pertumbuhan ekonomi 5.7% (2015) belum bisa tercapai . Outlook 2015 diperkirakan mencapai 5.2% (sumber menkeu RI).  Yang tentunya juga berimbas pada pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang beraktivitas di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang tingkat ekonominya ke 16 terbesar (2012, Mc Kinsey GI) dan di tahun 2030 an naik  pada posisi no 7 yang menunjukkan negara kita punya potensi yang masih banyak untuk dikembangkan termasuk SDM nya (talent yang unggul).

Banyak sudah perusahaan yang meningkatkan mutu dan program efisiensi dalam konteks mengoptimalkan talent supply-nya.  Bagaimana dengan perusahaan anda apakah sudah melakukan revitalisasi strategi talent perusahaan sesuai dengan strategi korporasi dalam mencapai target bisnis tahun ini?

Jadi dalam bicara talent management ada 4 hal yang penting untuk disimak:
1. Strategi
2. Sistem dan
3. Proses.
4. CEO, leader management, HR practises

Saat ini betul-betul sangat terasa kondisi ekonomi yang ketat dan tingkat persaingan yang tinggi, bagaimana perusahaan mengalami shifting process dari comparative advantage, competitiveness advantage, adaptive advantage hingga technology and cash  advantage.  Yang terakhir inilah yang memenangi pertandingan "blue ocean".

Nah sebab itu pemahaman talent management perlu digaris bawahi . Menurut saya Talent Management adalah "bentuk integrasi dari strategi dan sistem yang terdesain dengan baik untuk menciptakan organisasi yang efektif, produktif dan profitable, yang menciptakan lingkungan kerja yang produktif yang meningkatkan dan mempertahankan pada tingkat optimal  mulai dari  proses menarik dan mendapatkan TALENT atau A player, mengembangkan menjadi Leader dan mempertahankan untuk loyal  dengan kekuatan KSA untuk mencapai tujuan atau goal bisnis saat ini maupun masa depan (3 Y plan) dimana semua pihak terlibat proaktif".

Kekuatan Indonesia sungguh luar biasa tapi bisa juga menjadi bumerang dalam konteks talentnya.  Coba lihat tahun ini dari sekitar 251 juta penduduk nya, setengahnya adalah pekerja produktif berusia 30 tahunan, bayangkan bila semuanya dikelola dengan baik dan menjadi A player atau talent inilah yang akan membuat negara Indonesia kuat di dekade mendatang (lihat tabel di bawah ini).  Meski strategi HR beberapa perusahaan di Indonesia masih banyak yang fokus dengan IR atau UMK-UMP etc. seyogyanya sekarang kita bersama-sama semua pemangku kepentingan melihat peluang Indonesia yang besar yang bissa menjadi contoh implementasi Talent Management Dunia yang mengglobal (SEMOGA).

Banyak hal yang bisa dilakukan lembaga sekolah /university atau perusahaan-perusahaan, salah satunya adalah menciptakan sekolah khusus bagi manajer HR atau direktur HR yang unggul yang siap pakai untuk menjadi agen perubahan (change agent) pemimpin yang bertransformasi yang " out side in ". Sehingga proses horizontalexpansion , hal-hal yang bagus dari sebuah perusahaan unggul bisa diimplementasikan ke perusahaan lain di Indonesia dengan cepat dan ekponensial. Yang pada akhirnya akan menjadi salah satu saluran (channel) untuk meningkatkan GDP/ PDB  Indonesia.






Bila dilihat dalam Global Talent Index 2015 Indonesia naik 2 peringkat dari no 58 (tahun 2011)  ke no 56 dari 60 negara yang diamati.  Jadi masih jauh tapi artinya masih besar sekali ruang untuk peningkatannya (room for improvement) and speed for improvement). Jadi dengan pelaksanaan sistem Talent Management yang sungguh dan sejalan dengan strategi bisnis/korporasi niscaya perusahaan anda maju dan  pasti Indonesia bangkit.

Dibawah ini GTI tahun 2011 sumber Heidrick & Struggles.



Dengan pergerakan tingkat kenaikan ekonomi yang bakal terjadi di dekade mendatang maka akan terjadi beberapa hal:
1. Kualitas mutu  TALENT   masih perlu ditingkatkan
2. Perlu peningkatan program pengembangan leader dengan benar KSA Knowledge Skill Atittude
3. Terjadi disparitas hukum pasar TALENT, banyak permintaan sedikit tersedia (peluang untuk bikin sekolah manager HR, Direktur HR dan TALENT)
4. Generasi Milenia (I need money but not for SALE), yang pasti tingkat engagement nya menjadi sebuah isu baru (masalah buat investor)
5. Sedikitnya jumlah Future Leader yang person job fit dan person organisation fit. Agak sulit memang mendapatkan "one size fit all".

Hal-hal yang dalam waktu dekat bisa dilakukan adalah:
1. Organisasi harus bertransformasi, sudah memikirkan dan melaksanakan Talent Management meski tersendat-sendat
2. Buat anggaran tentang Talent managemen dalam CAPEX anda
3. CEO harus terlibat dari awal dan memimpin dan semua line manager berkontribusi positif.
4. Good corporate governace, implementasi identifikasi potensi talent  and klasifikasi potensi talent harus transparan dan profesional karena itu membentuk budaya perusahaan anda.
5. Melakukan Management Review  Talent terstruktur dan sistematis , global MR, regional MR hingga lokal MR , dan tiap line manager + HR manager melakukan presentasi talent secara hirarki ke top manajemen untuk mengambil keputusan siapa-siapa top talent nya calon pemimpin masa depan dan membuat rencana pengembangan dalam 1 -5 tahun kedepan.


Semoga bermanfaat.

Majulah Indonesia. Majulah SDM Indonesia.

Salam
Haris H. Sidauruk
+62816851015
+6281297532510
Grow grain grow trees grow people grow talent grooming leader
Topi kupluk kecil
Elohim Yevarekh Etkhem



 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar