Dear Wow Talent.
Iklim Organisasi merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai sasaran strategi organisasi (organisasi yang efektif, produktif dan profitable) dengan cara mengarahkan dan memperkerjakan seluruh karyawan dengan cara yang paling baik . Dalam kondisi VUCA faktor eksternal organisasi yang sangat mempengaruhi jalan pikiran dan pengambilan keputusan yang tepat dan gesit dari seorang leader organisasi (CEO), maka seorang praktisi HR (staff, manajer dan direktur HR) haruslah menjadi seorang yang strategik dan juga fokus pada business dan people yang selaras dengan sang CEO, maka tak salah lagi seorang CHRO adalah orang nomor 2 setelah CEO dalam sebuah organisasi yang bertransformasi.
Survey organisasi diberikan kepada seluruh karyawan dalam sebuah organisasi dan secara statistik maka outcomes dari survey ini menjadi valid dan reliable yang secara akurat dapat mem"foto" organisasi atau perusahaan saat ini dan siap untuk melakukan perubahan dan pembaharuan sehingga menimbulkan kemajuan usaha sebuah organisasi yang besar.
Climate survey mempunyai sasaran startegis yaitu "menciptakan sebuah IKLIM ORGANISASI dimana para karyawan dapat menunjukkan KINERJA terbaiknya merupakan hal utama dan penting bagi kesuksesan bisnis organisasi.
Dalam Climate survey pendapat setiap karyawan sangatlah berarti. Dan adalah sangat penting untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana karyawan memandang dan untuk meningkatkan iklim kerja sebuah organisasi.
Climate survey organisasi memberikan dampak positif :
1. Membantu leader memahami iklim kerja organisasi berbasis pengalaman kesehari-hariannya
2. Membantu leader memahami hubungan iklim kerja dengan pekerja yang diakibatkan tindakan leader tersebut.
3. Membantu manajemen hal-hal positif apa yang harus diteruskan dan lebih diimplementasikan dan sebaliknya umpan balik yang perlu diperhatikan dan diperbaiki di masa depan.
Kami siap membantu organisasi anda dalam membantu memetakan situasi organisasi dan memberikan dan mengarahkan umpan balik untuk organisasi menjadi lebih baik dalam mencapai dan memperoleh target organisasi perusahaan.
Sebelum melakukan climate survey maka harus ada elemen-elemen atau ukuran-ukuran yang dipakai yang dikenal sebagai "climate dimensions". Dan setiap climate dimensions harus memiliki definisi yang jelas dan mudah dipahami para pihak termasuk karyawannya.
Climate dimensions ini ada beberapa elemen dan tiap organisasi berbeda-beda dan disesuaikan dengan "NEEDS of CHANGE" nya. Beberapa contoh berikut bisa di gunakan ada yang menggunakan 6 dimensi , 10 dimensi bahkan lebih.
Salah satu climate dimension itu adalah : "direction and alignment" (arah dan penyelarasan) yaitu adanya KEJELASAN (apa yang diharapkan) akan SASARAN dan STRATEGI organisasi/departement/sub departemen fungsi-fungsi. Termasuk kejelasan (apa yang diharapkan) antara pekerjaan karyawan dan keseluruhan sasaran kerjanya.
Sebagai konsultan HR maka yang dilakukan pertama kali adalah memastikan bahwa ada "need of change" dari organisasi. Masuk dengan fase diagnosa organisasi, dilanjutkan dengan action planning (ARM action research model) untuk menjadi sebuah intervensi yang tepat dan cepat. Dan pada akhirnya memberikan evaluation result kepada organisasi client.
Berikut adalah contoh nya:
Dari ketiga ukuran ini lah dipakai untuk menilai setiap climate dimension, sehingga pemetaannya semakin jelas dan harus dilakukan prioritas pada area yang perlu improvement.
Sebuah climate survey bukan lah sebuah one stop visit akan tetapi ada follow-up session yang harus ditindaklanjuti untuk membuat proses sustainable operation baik di HQ maupun di site.
Survey ini bisa dilakukan dalam sebulan melihat besaran scope organisasinya. Dan hasil dari climate survey ini sangat membantu organisasi untuk merevisit kembali visi misi value strategi, sasaran dll harus selaras dengan bisnis prosesnya. Dengan tujuan untuk memaksimalkan pembelajaran dan pendayagunaan SDM dan HIPO nya.
Dalam follow-up session hal utama yang menjadi target adalah :
1. Bagaimana organisasi memperbaiki iklim organisai
2. Menetapkan fokus area organisasi yang akan diimprove
3. Analisa lebih lanjut divisi/departemen
4. Action plan atau rencana tindakan dari divis/departemen
5.Team learning.
Silahkan menghubungi kami bila diperlukan.
Semoga bermanfaat. Majulah Indonesia. Majulah SDM Indonesia.
Salam
Haris H. Sidauruk
+62816851015
+6281297532510
Elohim Yevarekh Etkhem
Blog Sertfikasi HR program dan seminar HR 2015 ini dibuat dengan dasar ingin memberikan dan saling tukar pengetahuan , ketrampilan dan perilaku serta pengalaman saya sebagai praktisi HR . Masih banyak yang perlu saya pelajari karena hidup untuk bersyukur dan berbagi. MAJULAH INDONESIA. MAJULAH SDM INDONESIA. Saya Haris H. Sidauruk, HR House Indonesia Consulting. Kita harus percaya bahwa kita berbakat untuk sesuatu. Dan dengan cara apapun kita harus mencapainya.
haris
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar