haris

Rabu, 25 Oktober 2017

TRAINING JOB EVALUATION POINT FACTOR (INTERNATIONAL STANDARD) 13 November 2017

 TRAINING JOB EVALUATION
POINT FACTOR
(INTERNATIONAL STANDARD)
13 November 2017
Fave Hotel Jakarta



Salah satu teknik manajemen yang digunakan untuk penentuan nilai relatif sebuah pekerjaan adalah evaluasi pekerjaan (job evaluation).
Job Evaluation sebagai bagian dari metode remunerasi, awalnya diperkenalkan oleh Edward Hay dan kini banyak dipakai serta dikembangkan oleh para ahli di seluruh dunia. Job Evaluation sangat diperlukan dalam menentukan sebuah bobot pemegang jabatan sebagai informasi untuk menetapkan job grading atau pangkat pemegang jabatan. Dari beberapa metode Job Evaluation yang ada, dalam pelatihan ini yang dipakai adalah metode logic analytical quantitative dengan memakai Compensable Point Factor
Pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang merupakan sebuah determinan utama dan jumlah kompensasi yang akan diterimanya. Dan ini sangat penting sekali untuk menilai apakah sebuah organisasi sudah mereview sistem SUSU struktur upah skala upahnya sudah berkeadilan internal atau belum (yang pada akhirnya harus kompetitif dalam pasar - external competitivenes) 

 Job Evaluation sebagai bagian dari metode remunerasi, awalnya diperkenalkan oleh Edward Hay dan kini banyak dipakai serta dikembangkan oleh para ahli di seluruh dunia. Job Evaluation sangat diperlukan dalam menentukan sebuah bobot pemegang jabatan sebagai informasi untuk menetapkan job grading atau pangkat pemegang jabatan. Dari beberapa metode Job Evaluation yang ada, dalam pelatihan ini yang dipakai adalah metode logic analytical quantitative dengan memakai Compensable Point Factor
Pelatihan Job Evaluation Point Factor System ini didesain dengan merangkum berbagai teori tentang Job Evaluation di seluruh dunia dan diuji dalam praktek organisasi selama puluhan tahun. Dengan memakai Software Excel 2007-2013 yang powerful dengan rumus perhitungan yang logis dan sistematis, maka peserta dapat segera membuat laporan Job Grading seluruh pemegang jabatan dengan lebih akurat, cepat dan efektif dalam hitungan waktu yang cepat.

Training Job Evaluation untuk peningkatan kinerja pada sebuah organisasi dengan memberikan pilihan pada organisasi tersebut kapan harus melakukan review sebuah job evaluasi atau secara menyeluruh.
Melaksanakan aktifitas Job Evaluation adalah salah satu tanggung jawab praktisi SDM di organisasi. Sejak mulai diterapkan lebih dari 60 tahun yang lalu, metode Job Evaluation telah berkembang sedemikian rupa sehingga mendapatkan formatnya seperti saat ini yakni melalui pendekatan berbasis kompetensi (competency – based).

Fungsi Job Evaluation juga telah berkembang sehingga tidak lagi hanya digunakan untuk menyusun Sistem Penggajian (Remuneration System) namun dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan implementasi berbagai sistem manajemen SDM seperti Career Planning, Performance Evaluation dan Training & Development

METODE TRAINING JOB EVALUATION

Agar tujuan dan sasaran Pelatihan dan Training Job Evaluation ini dapat berhasil dengan baik, maka metode yang dipakai adalah :
  1. Tutorial
  2. Konsultasi Interaktif
  3. Diskusi
  4. Praktek dengan manual
  5. Praktek dengan program
  6. Pembahasan kasus
  7. Pelatihan ini juga didukung klip film yang menggugah emosi, kesadaran, dan pemahaman peserta

 MATERI TRAINING JOB EVALUATION
  1. HR Business overview
  2. Pengenalan tentang apa itu job evaluation
  3. Evaluasi kerja dalam manajemen sumber daya manusia
  4. Tujuan dan prosedur evaluasi pekerjaan
  5. Uraian dan menganalisis pekerjaan
  6. Mengevaluasi pekerjaan dengan metode HAY
  7. Prosedur evaluasi dan job matrix level
  8. Pemeringkatan pekerjaan-pekerjaan
  9. Checklist untuk evaluasi pekerjaan
  10. Sistem evaluasi pekerjaan dengan sistem HAY
  11. Penjelasan detail komponen matriks panduan : I-P-O (K-PS-A)
  12. Penjelasan detail sub komponen hingga perhitungan kalkulasinya (dalam bahasa Indonesia)
  13. Delapan dimensi  total score
  14.  Exercise K - exercise PS - exercise A
  15. Jaminan kepastian penilaian sebuah jabatan metodologi
  16. Job Profile dan model konsistensi faktor
  17. Hubungan job evaluasi terhadap sebuah kompetensi jabatan dan kompetensi pejabat (JG/IG)
  18. Job family
  19. Penilaian metode manual dan program
  20. Matriks jabatan versus total score penilaian
  21. Evaluation framework
  22. Struktur gaji
  23. Survey gaji
Sasaran peserta Training Job Evaluation adalah mereka yang pekerjaannya di bagian Sumber Daya Manusia serta para staf/pimpinan yang mempunyai wewenang untuk mengevaluasi karyawan, bawahan, atau atasan




 BONUS
Bonus : Ebook job evaluation, soft copy , model job evaluasi dan macam-macam perhitungan point factor pada perusahaan MNC, software JE poin factor International, model struktur upah skala upah relevant dlsb

FASILITATOR :       
Haris H. Sidauruk

Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan.
Pengajar dibeberapa tempat seperti group HR Forum, HRGA Forum, HRM Indonesia, HOS, Episentrum, Warta training, Seminar Indonesia, PT Jhonson Indonesia, INTA, Shamcard Indonesia, PT Indo Human Resources, PMSM Indonesia dlsb.

My blog Talent Management Suites
http://tulis4an-haris-sidauruk.blogspot.co.id/
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------

Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Anova

PT FREEMIND MANAGEMENT CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com

Investasi: Rp 3.500.000 / peserta

—————————————————————————–
Form Pendaftaran : Sertifikasi CHRA
Tanggal                  :
Nama                     :
Perusahaan            :
No. Telp                  :
No.HP                    :
PIN BB                   :
Email                      :
Transfer tgl             :
—————————————————————————-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar