haris

Sabtu, 13 Oktober 2018

Pelatihan Program Pengembangan Manajemen untuk Manajer Medan 1 - 2 November 2018


Pelatihan
Program Pengembangan Manajemen untuk Manajer  

MEDAN KIM  1 - 2 November 2018 






LATAR BELAKANG

Pemeliharaan dan pengembangan sumber daya manusia secara kualitatif dalam suatu perusahaan jasa maupun manufaktur, telah terbukti mampu mengantarkan banyak perusahaan kecil maupun menengah menjadi perusahaan besar dengan daya saing yang handal. Fakta ini akan berlanjut dan akan semakin menunjukkan posisi strategisnya dalam menyongsong abad 21 yang penuh dengan kebutuhan transformasi SDM dan Digitalisasi.

Salah satu kelompok sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan adalah para supervisor, yang dalam manajemen suatu perusahaan sering disebut sebagai first-line managers (manajer muda).
Pada umumnya mereka yang sekarang menduduki posisi manajer muda/supervisor diangkat dari para karyawan yang telah membuktikan kemampuannya. Namun fakta menunjukkan bahwa tidak jarang mereka gagal menjalankan fungsi barunya sebagai manajer muda/supervisor.

Kegagalan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
  • Sebelumnya mereka tidak memiliki bawahan, tetapi sekarang mereka harus memimpin bawahan;
  • Sebelumnya mereka adalah pelaksana, tetapi mereka sekarang adalah perencana dan pengendali;
  • Sebelumnya mereka adalah peserta pelatihan, namun sekarang harus memberikan pelatihan pada bawahan;
  • Sebelumnya mereka adalah pelaku komunikasi formal vertikal ke atas dan komunikasi informal horisontal, sekarang wajib menciptakan suasana yang komunikatif baik vertikal horisontal maupun formal/informal.
Kegagalan tersebut, jika terjadi, tidak saja akan berakibat negatif terhadap karier yang bersangkutan, tetapi terutama juga akan sangat berdampak negatif terhadap perusahaan.
Ada beberapa alasan mengapa manajer muda Anda perlu mengikuti pelatihan manajemen. Anda mungkin sudah punya manajer muda potensial yang dapat menjadi manajer di kemudian hari. Saat ini keterampilan yang mereka miliki masih terbatas dan perlu dipoles secara khusus. Dengan mendapatkan pelatihan manajemen yang tepat, mereka akan belajar dan mulai menguasai keterampilan untuk menangani tanggung jawab baru di level berikutnya nanti.
Banyak sekali perusahaan menemukan pelatihan manajemen yang sangat penting untuk keberhasilan mereka. Manajer sendiri pada saat ini menghadapi suatu situasi yang sangat beragam dan dituntut untuk cepat dan tepat dalam menghadapinya. Oleh karena itulah setiap manajer sebaiknya mengikuti program pelatihan manajemen agar nantinya tahu dan memahami bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang manajer.
Pelatihan leadership skill sebenarnya tidak hanya bisa ditujukan bagi mereka yang memiliki jabatan tinggi di perusahaan. Namun, mereka yang masih menjadi staff juga bisa mengikuti pelatihan leadership skill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan interpersonal di antara sesama rekan kerja. Hal ini sangat baik untuk membangun team work sehingga mereka lebih solid dalam bekerja , mampu menyusun dan merencanakan kebutuhan SDM unggul (MPP), memberikan motivasi yang konstruktif, mempunyai time management yang baik , menguasai dan mengetahui produk atau jasa yang dihasilkan untuk kepentingan pelanggan, menjadi manusia yang pro-aktif, punya strategi kreatif  dan berorientasi pada target (KPI)  yang  tentunya akan semakin meningkatkan produktivitas & profit perusahaan.
TUJUAN PELATIHAN
Pelatihan manajemen sendiri juga memiliki tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang bisa Anda ketahui:
1. Pertama adalah meningkatkan kualitas dari SDM. SDM yang sudah terlatih nantinya akan mampu untuk menetapkan tujuan organisasi yang lebih realistis. Mereka juga mampu untuk mengembangkan rencana kerja secara tepat dan juga mampu membuat suatu keputusan dengan cepat dan efektif
2. Kedua adalah mencegah dan mengurangi konflik di dalam suatu perusahaan. Sebuah konflik di dalam suatu perusahaan memang bisa saja muncul pada saat orang tidak jelas dengan peran mereka ataupun tugas-tugas yang terdapat kekurangan yang mana tidak ada pemecahan masalahnya. Dengan melakukan pelatihan tersebut tentu saja nantinya akan dapat menjalin suatu hubungan yang baik dalam lingkungan kerja dan menemukan solusi bersama tentang permasalahan yang dihadapi.
3. Ketiga adalah menjadi pemimpin pada bidang kerjanya yang memahami bagaimanana mengembangkan bawahannya dengan melihat potensi mereka dan mampu menggunakan model kepemimpinan situasional untuk melakukan coaching dalam pencapaian kinerja usaha
4. Keempat adalah membantu untuk meningkatkan omset perusahaan. Pelatihan yang efektif nantinya akan lebih produktif dalam menjalankan bisnis itu sendiri. Dan pengelolaan yang tepat tentu saja nantinya akan membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman dan melancarkan semua kegiatan di dalam perusahaan tersebut.



WAKTU DAN PELAKSANAAN:  Medan KIM 1 – 2 November 2018
KERANGKA SILABUS :
2 hari Manajer
Day 1 :
  • VUCA Vollatile Uncertainty Complexity Ambiguity
    • Manajer harus ligat dan cepat melihat perubahan dan menyesuaikan perubahan dalam organisasi
  • Peran Manajer dalam kepemimpinan evolusi industri 4
    • Industri dan Kita terus berubah
  • Peran dan Tanggung jawab seorang Manajer
  • Mentoring Millenials
    • Bagaimana membimbing karyawan baru Millenials
  • XY GAMES
  • Komunikasi Efektif
    • Proses komunikasi, 4 tujuan komunikasi, komunikasi verbal & non verbal, etika komunikasi, kiat komunikasi efektif
  • Management for success (Target dan KPI Key Performance Indicator = Indikator Kunci Utama)
Day 2:
  • Kepemimpinan Situasional
  • Coaching Kinerja dan Sukses
  • Disiplin kerja
    • Tugas tanggung jawab Manajer penegak disiplin, pengusutan tindakan indispliner, langkah penyelesaian, menjaga disiplin kerja
  • Video hubungan kerja pengawas dan pekerja
  • Produktivitas Games
  • Motivasi kerja
    • Achievement Motivation, Motivasi kerja, Test Motivasi
  • Delegasi Pengembangan Karyawan
  • Problem Solving & Decision Making


METODE :
1.    Case study
2.    Best practice sharing
3.    CBT (computer-based training)
4.    Practical HR software / technology
5.    Accelerated program

Fasilitator :


Haris H. Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan dan kajian SDM.

Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR Forum, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Indo Human Resouces, PT Intracopenta, Samchad Indonesia, PMSM Indonesia dlsb.
REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Anova

Join Group wa  HR HOUSE INDONESIA https://chat.whatsapp.com/GgPGeFuYQ9tFvxKWEYb1Xw 
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 5.000.000 / peserta. publik
Investasi Inhouse Rp 30.000.000 /batch ( 30 peserta)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar