haris

Sabtu, 01 Februari 2020

INHOUSE TRAINING 2 DAYS : PERAN KEPEMIMPINAN HR DALAM MASA DISRUPSI, TEAM BUILDING & ACHIEVEMENT MOTIVATION - BSC KPI-BASED PERFORMANCE MANAGEMENT (PENETAPAN KPI & TARGET KERJA) WORKSHOP


INHOUSE TRAINING  2 DAYS : PERAN KEPEMIMPINAN HR DALAM MASA DISRUPSI, TEAM BUILDING  & ACHIEVEMENT MOTIVATION - BSC KPI-BASED PERFORMANCE MANAGEMENT (PENETAPAN KPI & TARGET KERJA 2020)  WORKSHOP


PT SUPER STEEL KERAWANG



RS EKA HOSPITAL SINAR MAS GROUP

PT TRINITY LAND PROPERTY
 WARUNA SHIPPING & SHIPYARD INDONESIA
REKAYASA INDUSTRI GROUP
PT INTERNASIONAL PRIMA COAL SAMARINDA


LATAR BELAKANG
Pada era teknolgi digital yang juga era disrupsi, peran kepemimpinan HR (semua pemimpin lini) haruslah mampu membantu perusahaan untuk tetap menjaga dan memelihara growth, stabilitas bisnis dan keuntungan atau profit.
Bagaimana menjaga strategic business plan yang dibuat di awal tahun , memahami kemauan pelanggan, memelihara operasional dengan baik dengan talent pekerja yang handal, yang akhirnya memberikan outcomes perusahaan yang diterima pelanggannya yang berdampak pada kinerja organisasi positif yang terlihat semakin membaik di laporan keuangan akhir tahun.?
Maka peran kepemimpinan semua lini dalam masa torbulence menjadi sebuah hal penting dan perioritas, team building dan  achievement motivation perlu disegarkan kembali dalam perusahaan.
Untuk terus tetap bisa bertahan atau sustain, sebuah organisasi menetapkan ukuran dan mengontrol ukuran-ukuran yang kita kenal sebagai BSC atau KPI. Tujuan perusahan bersama individu pekerjanya adalah mengelola kesuksesan (managing for success) melalui BSC – KPI perusahaan.
Dimulai dari pemahaman Customer value proposition, apa yang diinginkan customernya , maka  semua produsen (manufacture, retailer, rumah sakit, perkebunan, mining, oil company, constructions,   perusahaan negara dll)  baik yang ouputnya berupa  produk maupun jasa dll, menjadikan ini sebagai titik acuan bisnis strategi intensnya (VMVS) untuk mampu mencapai sasaran bisnis atau tujuan bisnis organisasinya dalam tahun fiskal berjalan atau dalam 3Y plan to 5 Y plan.
Organisasi harus memberikan hasil bagi customernya (stakeholdersnya)  ini yang kita kenal sebagai strategic outcomes.  Jadi ada 3 hal yang harus dihasilkan yaitu outcomes (nilai-nilai terbaik yang dapat diberikan kepada pelanggan oleh sebuah organisasi), output (hasil yang dapat diberikan oleh unit bisnisnya) dan aktivitas/pencapaian (hasil yang baik yang dihasilkan setiap individu organisasi-karyawan).
 Dalam workshop ini juga akan dibahas bagaimana menyusun sebuah KPI korporasi dan harus dapat diturunkan kepada KPI divisi atau unit bisnis dapat diturunkan ke KPI departemen dan juga diturunkan kepada KPI Individu atau KPI Karyawan. (cascading down) .  Selama ini KPI di banyak perusahaan tidak nyambung atau tidak ada koneksi antara KPI bisnis-KPI Korporasi  dangan KPI Individu, sementara biaya pengeluaran terkait personal cost terus meningkat dan perusahaan tidak menunjukkan kinerja utamanya.  Sebabnya tidak lain tidak bukan adalah KPI individu dalam sebuah organisasi kebanyakan dibuat dari KPI yang diambil dari "task" atau job desknya jadi tidak akan mendongkrak ke arah positif atas kinerja KPI korporasinya atau KPI Bisnis organisasi.
Dalam organisasi juga harus dibedakan antara hal-hal yang dikontrol dalam penyelenggaraan organisasi (items to be controlled) dengan KPI bisnis.  Pastikan organisasi  dapat membedakannya tidak semua “item to be controlled” menjadi KPI. Bagaimana membedakannya.? Dari sasaran strategi pada 4 perspektif BSC corporate diturunkan mulai ke divisi hingga departemen hingga KPI individu. Untuk items to be controlled terkait  COST misalnya, dalam daftar ada maintenance cost dan training cost ini adalah KPI bisnis karena mampu menutup semua gap (celah) dari sasaran strategi perspektif finansial yang mau dicapai dengan apa yang diukur oleh KPI bisnis tadi..  Jadi items to be controlled belum tentu menjadi KPI bisnis, tetapi KPI Bisnis pasti bagian dari items to be controlled.  Maka KPI Bisnis diartikan sebagai “seluruh aspek dari sasaran strategis terukur”.
Melihat kembali KPI organisasi yang sudah dimiliki (review) menuju improvement.
.



OBJECTIVES
Setelah mengikuti workshop, peserta diharapkan untuk mampu:
         Menjadi pemimpin dalam masadisrupsi
.     Menjadi pemimpin yang melakukan transformasi bisnis
         Membangun team bulding dan budaya kerja profesional
         Memotivasi diri dan team kerja, fokus pada kinerja diri dan perusahaan
.     Coaching for performance (kinerja)
         Mampu membuat Visi, Misi, dan Destination Statementnya
                     Align vision statement dengan company strategy map
                     Align mision statement dengan company strategy map
                     Align strategic positioning & differentiation dengan company strategy map
                     Menurunkan strategy map dari setiap perspektif BSC (4 perspektif)
                     Membuat dan menurunkan KPI perusahaan dari  masing -masing company strategy map
         Memahami konsep BSC & KPI-based Management dan peran individu dalam  Performance Management
         Mampu membuat KPI Key Performance Indicator (Indikator Kinerja Utama)
         Memahami langkah-langkah dalam menerapkan KPI-based Performance Management
         Implementasi KPI & Performance Management untuk level divisi dan individu, Critical  Success Factor dan KPI sebagai satuan ukuran kinerja
         Memahami hambatan-hambatan dalam penerapan Balanced Scorecard / KPI
         Dapat menyusun performance appraisal  berbasis komposisi 60% KPI dan 40% Kompetensi
         Mampu menggunakan software performance appraisal link terhadap KPI bonus

Materi: Day 1 1. Kepemimpinan dalam masa disrupsi
2.     Team Building dan meembangun budaya profesional
3.     X-Y games (indoors)
4.     Achievement Motivation
5.     Productivity Games
6.   Coaching for performance


Materi Day 2

1.     Pendahuluan : Performance Management System & BSC

2.     Strategic: Situation Analysis

3.     Strategic : Formulation Analysis

4.     Visi,Misi, & Objective

5.     Corporate Performance statement

6.     Corporate Scorecard

7.     Strategy Mapping & Objective

8.     Key Performance Indicator

9.     Jeis-jenis KPI

10.                        Leading & Lagging Indicators

11.                        Membedakan KPI dan Non KPI

12.                        Strategic initiatives

13.                        Divisional Scorecards (Cascading down)


a.      Strategy Mapping

b.     Objective,KPI,Target, Initiative,Result,Analysis, Improvement

14.                        Individual scorecard (cascading down)
c.      Objective,KPI,Target, Initiative
15.                        Strategic Implementation
d.     Program, Budgeting, Procedure
16.                        Alignment & Premium Execution
17.                        Dasboard
18.                        Aplikasi ke Individual Performance
e.      Performance Plan
f.       Performance Review
g.     Performance Appraisal
19.                        Siklus Performance Management
20.                        Integrasi ke dalam system manajemen
21.                        Monitoring,Evaluating & Controlling
Dalam Workshop ini seluruh peserta diwajibkan praktek langsung penilaian karya (performance appraisal) dengan KPI sehingga setelah selesai workshop seluruh peserta dapat implementasi di perusahaan masing-masing.
Workshop ini didesain juga untuk memandu para peserta membuat sebuah Performance Appraisal system yang obyektif dengan menggunakan Key Performance Indicators secara tepat, benar dan optimal. Workshop ini juga akan diuraikan mengenai cara mengukur dan memonitor pencapaian KPI serta target kinerja yang telah ditetapkan.   
Dalam acara 1 hari ini juga belajar menggunakan alat BSC software real time yang dilakukan pembelajaran mulai dari :
1,Mengisi Tujuan bisnis (business goals)
2,Mengisi Mission statement dan vision VMVS  (bisa juga dengan mengupload filenya bila sudah ada dan terpisah)
3. Menyusun sasaran strategik setiap perspektif (Finansial, CS, Internal Business Process atau Operational Excellence, Learning & Growth atau people development)
4. Membuat strategik mapping (template tersedia atau bikin model sendiri)
5.Mengisi KPI bisnisnya – KPI korporasi -Divisi-Departemen mengikuti 4 perspektif BSC di atas
6. Mengisi target masing-masing KPI (batas bawah dan batas atas) sesuai jenis KPI nya ada KPI positif ada KPI negatif
7. Mengisi nilai angka masing-masing KPI (value REAL TIME)
8. Tampilan model dasboard  (radar, time, optimization, pie, risk, kpi overview, risk, GAUGE model)
9. Analisa tipe (performance, progress, bobot absolut dan forecasting)
10. Rencana kerja untuk KPI yang belum tercapai (OMTIRAI)
11.. Report model (eksport ke excell dn MS word dll)  




PESERTA :




Direktur & Manajer Fungsional (Finance, HRD, Operation, Supply Chain, Purchasing, Production, Engineering, etc), Internal Consultant, Change Agent, Performance Specialist, QMR atau Performance Improvement technologist, Para staf, supervisor dan Manajer yang terlibat langsung dalam Implementasi Performance Management System.

Fasilitator :

Haris H. Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, PT.Indo Human Resource, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Intracopenta, PMSM Indonesia dlsb.

My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI

----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Anova
 
HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: inhouse hub kami 

—————————————————————————–
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal                  :
Nama                     :
Perusahaan            :
No. Telp                  :
No.HP                    :
PIN BB                   :
Email                      :
Transfer tgl             :
—————————————————————————-


METODE :
1.    Case study
2.    Best practice sharing
3.    CBT (computer-based training)
4.    Practical HR software / technology
5.    Accelerated program





Tidak ada komentar:

Posting Komentar