INHOUSE TRAINING 2 DAYS : PERAN KEPEMIMPINAN
HR DALAM MASA DISRUPSI, TEAM BUILDING
& ACHIEVEMENT MOTIVATION - BSC KPI-BASED PERFORMANCE MANAGEMENT (PENETAPAN KPI
& TARGET KERJA 2020) WORKSHOP
PT SUPER STEEL KERAWANG
RS EKA HOSPITAL SINAR MAS GROUP
LATAR BELAKANG
Pada era
teknolgi digital yang juga era disrupsi, peran kepemimpinan HR (semua pemimpin
lini) haruslah mampu membantu perusahaan untuk tetap menjaga dan memelihara
growth, stabilitas bisnis dan keuntungan atau profit.
Bagaimana
menjaga strategic business plan yang dibuat di awal tahun , memahami kemauan
pelanggan, memelihara operasional dengan baik dengan talent pekerja yang
handal, yang akhirnya memberikan outcomes perusahaan yang diterima pelanggannya
yang berdampak pada kinerja organisasi positif yang terlihat semakin membaik di
laporan keuangan akhir tahun.?
Maka peran
kepemimpinan semua lini dalam masa torbulence menjadi sebuah hal penting dan
perioritas, team building dan
achievement motivation perlu disegarkan kembali dalam perusahaan.
Untuk terus
tetap bisa bertahan atau sustain, sebuah organisasi menetapkan ukuran dan
mengontrol ukuran-ukuran yang kita kenal sebagai BSC atau KPI. Tujuan perusahan
bersama individu pekerjanya adalah mengelola kesuksesan (managing for success)
melalui BSC – KPI perusahaan.
Dimulai dari
pemahaman Customer value proposition, apa yang diinginkan customernya ,
maka semua produsen (manufacture, retailer, rumah sakit, perkebunan,
mining, oil company, constructions, perusahaan negara dll)
baik yang ouputnya berupa produk maupun jasa dll, menjadikan ini sebagai
titik acuan bisnis strategi intensnya (VMVS) untuk mampu mencapai sasaran
bisnis atau tujuan bisnis organisasinya dalam tahun fiskal berjalan atau dalam
3Y plan to 5 Y plan.
Organisasi
harus memberikan hasil bagi customernya (stakeholdersnya) ini yang kita
kenal sebagai strategic outcomes. Jadi ada 3 hal yang harus dihasilkan
yaitu outcomes (nilai-nilai terbaik yang dapat diberikan kepada pelanggan oleh
sebuah organisasi), output (hasil yang dapat diberikan oleh unit bisnisnya) dan
aktivitas/pencapaian (hasil yang baik yang dihasilkan setiap individu
organisasi-karyawan).
Dalam
workshop ini juga akan dibahas bagaimana menyusun sebuah KPI korporasi dan
harus dapat diturunkan kepada KPI divisi atau unit bisnis dapat diturunkan ke
KPI departemen dan juga diturunkan kepada KPI Individu atau KPI Karyawan.
(cascading down) . Selama ini KPI di banyak perusahaan tidak nyambung
atau tidak ada koneksi antara KPI bisnis-KPI Korporasi dangan KPI
Individu, sementara biaya pengeluaran terkait personal cost terus meningkat dan
perusahaan tidak menunjukkan kinerja utamanya. Sebabnya tidak lain tidak
bukan adalah KPI individu dalam sebuah organisasi kebanyakan dibuat dari KPI
yang diambil dari "task" atau job desknya jadi tidak akan mendongkrak
ke arah positif atas kinerja KPI korporasinya atau KPI Bisnis organisasi.
Dalam
organisasi juga harus dibedakan antara hal-hal yang dikontrol dalam
penyelenggaraan organisasi (items to be controlled) dengan KPI bisnis. Pastikan organisasi dapat membedakannya tidak semua “item to be
controlled” menjadi KPI. Bagaimana membedakannya.? Dari sasaran strategi pada 4
perspektif BSC corporate diturunkan mulai ke divisi hingga departemen hingga
KPI individu. Untuk items to be controlled terkait COST misalnya, dalam daftar ada maintenance
cost dan training cost ini adalah KPI bisnis karena mampu menutup semua gap
(celah) dari sasaran strategi perspektif finansial yang mau dicapai dengan apa
yang diukur oleh KPI bisnis tadi.. Jadi
items to be controlled belum tentu menjadi KPI bisnis, tetapi KPI Bisnis pasti
bagian dari items to be controlled. Maka
KPI Bisnis diartikan sebagai “seluruh aspek dari sasaran strategis terukur”.
Melihat
kembali KPI organisasi yang sudah dimiliki (review) menuju improvement.
.
OBJECTIVES
Setelah
mengikuti workshop, peserta diharapkan untuk mampu:
•
Menjadi pemimpin dalam masadisrupsi
. Menjadi pemimpin yang melakukan transformasi bisnis
. Menjadi pemimpin yang melakukan transformasi bisnis
•
Membangun team bulding dan budaya kerja profesional
•
Memotivasi diri dan team kerja, fokus pada kinerja diri dan perusahaan
. Coaching for performance (kinerja)
. Coaching for performance (kinerja)
•
Mampu membuat Visi, Misi, dan Destination Statementnya
•
Align
vision statement dengan company strategy map
•
Align
mision statement dengan company strategy map
•
Align
strategic positioning & differentiation dengan company strategy map
•
Menurunkan strategy map dari
setiap perspektif BSC (4 perspektif)
•
Membuat dan menurunkan KPI perusahaan dari masing -masing company
strategy map
•
Memahami konsep BSC & KPI-based Management dan peran individu
dalam Performance Management
•
Mampu membuat KPI Key Performance Indicator (Indikator Kinerja Utama)
•
Memahami langkah-langkah dalam menerapkan KPI-based Performance
Management
•
Implementasi KPI & Performance Management untuk level divisi dan
individu, Critical Success Factor dan
KPI sebagai satuan ukuran kinerja
•
Memahami hambatan-hambatan dalam penerapan Balanced Scorecard / KPI
•
Dapat menyusun performance appraisal
berbasis komposisi 60% KPI dan 40% Kompetensi
•
Mampu menggunakan software performance appraisal link terhadap KPI bonus
Materi: Day 1 1. Kepemimpinan dalam masa disrupsi
2. Team
Building dan meembangun budaya profesional
3. X-Y
games (indoors)
4. Achievement
Motivation
5. Productivity
Games
6. Coaching for performance
6. Coaching for performance
Materi Day 2
1. Pendahuluan : Performance Management System & BSC
2. Strategic: Situation Analysis
3. Strategic : Formulation Analysis
4. Visi,Misi, & Objective
5. Corporate Performance statement
6. Corporate Scorecard
7. Strategy Mapping & Objective
8. Key Performance Indicator
9. Jeis-jenis KPI
10. Leading & Lagging Indicators
11. Membedakan KPI dan Non KPI
12. Strategic initiatives
13. Divisional Scorecards (Cascading down)
a. Strategy Mapping
b. Objective,KPI,Target, Initiative,Result,Analysis, Improvement
14.
Individual scorecard (cascading down)
c. Objective,KPI,Target,
Initiative
15.
Strategic Implementation
d. Program,
Budgeting, Procedure
16.
Alignment & Premium Execution
17.
Dasboard
18.
Aplikasi ke Individual Performance
e. Performance
Plan
f. Performance
Review
g. Performance
Appraisal
19.
Siklus Performance Management
20.
Integrasi ke dalam system manajemen
21.
Monitoring,Evaluating & Controlling
Dalam
Workshop ini seluruh peserta diwajibkan praktek langsung penilaian karya
(performance appraisal) dengan KPI sehingga setelah selesai workshop seluruh
peserta dapat implementasi di perusahaan masing-masing.
Workshop ini
didesain juga untuk memandu para peserta membuat sebuah Performance Appraisal
system yang obyektif dengan menggunakan Key Performance Indicators secara
tepat, benar dan optimal. Workshop ini juga akan diuraikan mengenai cara
mengukur dan memonitor pencapaian KPI serta target kinerja yang telah
ditetapkan.
Dalam acara 1 hari ini juga belajar menggunakan alat BSC software real
time yang dilakukan pembelajaran mulai dari :
1,Mengisi Tujuan bisnis (business goals)
2,Mengisi Mission statement dan vision VMVS (bisa juga dengan
mengupload filenya bila sudah ada dan terpisah)
3. Menyusun sasaran strategik setiap perspektif (Finansial, CS, Internal
Business Process atau Operational Excellence, Learning & Growth atau people
development)
4. Membuat strategik mapping (template tersedia atau bikin model sendiri)
5.Mengisi KPI bisnisnya – KPI korporasi -Divisi-Departemen mengikuti 4
perspektif BSC di atas
6. Mengisi target masing-masing KPI (batas bawah dan batas atas) sesuai
jenis KPI nya ada KPI positif ada KPI negatif
7. Mengisi nilai angka masing-masing KPI (value REAL TIME)
8. Tampilan model dasboard (radar, time, optimization, pie, risk, kpi
overview, risk, GAUGE model)
9. Analisa tipe (performance, progress, bobot absolut dan forecasting)
10. Rencana kerja untuk KPI yang belum tercapai (OMTIRAI)
11.. Report model (eksport ke excell dn MS word dll)
PESERTA :
Direktur & Manajer Fungsional (Finance, HRD, Operation, Supply
Chain, Purchasing, Production, Engineering, etc), Internal Consultant, Change
Agent, Performance Specialist, QMR atau Performance Improvement technologist,
Para staf, supervisor dan Manajer yang terlibat langsung dalam Implementasi
Performance Management System.
Fasilitator
:
Haris H.
Sidauruk
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior
Consultant SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan
di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang
professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai
Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager,
HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can
Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di
antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan
Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan
Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik,
Departemen Industri RI, PT Kansai, Allianz Group, RS Premier Ramsay
group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek
HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki
sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER) pada beberapa perusahaan seperti Akira Data,
Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites
dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP
Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi
profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan
Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM The Indonesia Society of
Human Resource Management (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan
pelatihan
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, PT.Indo Human Resource, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson
Indonesia , PT Intracopenta, PMSM Indonesia dlsb.
My blog Talent Management Suites
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
Pendaftaran
dan In-House Training :
Mrs. Anova
HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Mrs. Anova
HR HOUSE INDONESIA CONSULTING
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: inhouse hub kami
—————————————————————————–
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal :
Nama :
Perusahaan :
No. Telp :
No.HP :
PIN BB :
Email :
Transfer tgl :
—————————————————————————-
Form Pendaftaran : Serifikasi Professional HR
Tanggal :
Nama :
Perusahaan :
No. Telp :
No.HP :
PIN BB :
Email :
Transfer tgl :
—————————————————————————-
METODE :
1. Case study
2. Best practice sharing
3. CBT (computer-based training)
4. Practical HR software / technology
5. Accelerated program
1. Case study
2. Best practice sharing
3. CBT (computer-based training)
4. Practical HR software / technology
5. Accelerated program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar