haris

Minggu, 16 Februari 2020

3 IN 1 : MARKETING , CUSTOMER PROFILING, FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE, CONSULTATIVE SELLING SKILLS & EFFECTIVE NEGOTIATION SKILL FOR SALES PERSON

Inhouse Training Marketing & Sales


Two Day Marketing & Sales Course
27 - 28 Februari 2020,Inhouse Training & Workshop
=================================================================================================

PENDAHULUAN :

Training Sales & Marketing

 

LATAR BELAKANG
Sales adalah aktivitas menawarkan suatu produk kepada konsumen sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan agar orang yang ditawarkan produk tsb mau menjadi pembeli atau customer jadi singkatnya sales merupakan penjualan. Marketing adalah usaha mensosialisasikan hasil produksi atau layanan perusahaan melalui berbagai cara agar diminati oleh masyarakat luas atau biasa disebut sebagai pemasaran. Melalui pelatihan sales & marketing diharapkan peserta dapat meningkatkan keahlian sales dan marketing.
Kedua aktivitas tsb, yaitu sales dan marketing adalah aktivitas yang sangat penting bagi organisasi untuk mendatangkan penghasilan atau omset. Bila sales dan marketing tidak berprestasi maka perusahaan akan bangkrut. Oleh karena itu,  Training sales dan marketing adalah media atau wahana yang tepat untuk meningkatkan kualitas tenaga penjualan dan pemasaran agar dapat meningkatkan transaksi penjualan bagi perusahaan.
3 IN 1  :  MARKETING , CUSTOMER PROFILING, FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE, CONSULTATIVE SELLING SKILLS & EFFECTIVE NEGOTIATION SKILL FOR SALES PERSON


 27 - 28 FEBRUARI 2020






SASARAN PELATIHAN:
  1. Peserta memahami perbedaan antara marketing dan sales
  2. Peserta bisa menjelaskan fungsi marketing & fungsi perjualan dalam perusahaan
  3. Peserta bisa menerangkan bagaimana marketing dan sales bisa saling melengkapi dan mencapai tujuan perusahaan
  4. Peserta mampu mengidentifikasi target segmen pasar terbaik, merencanakan program marketing-sales handal, attract and retain profitable customer, mampu menganalisa proses dan menyusun team sdm marketing / sales yang produktif dan berorientasi cost leadership
  5. Peserta memahami teknik dasar penjualan dan ketrampilan konsultative penjualan dan ketrampilan bernegosiasi
  6.  Peserta pelatihan akan memahami pola menjual terkini yang lebih menekankan pada membangun sebuah hubungan yang erat dengan klien.
  7.  Peserta pelatihan akan memahami teknik consultative selling dalam proses penjualannya, bukan hanya menawarkan produk tetapi menawarkan solusi
  8.  Peserta mampu melakukan analisa dan penetrasi pasar
  9.  Memahami BCG matrix, Ansof matrix, SWOT, peramalan pasar dan penjualan pasar dan kontrol

MARKETING
Tim marketing pada dasarnya mendukung tim sales dalam meraih target penjualan. Dalam pelaksanaannya mereka menggunakan strategi marketing 7 P (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical Evidence). Sedangkan sales sendiri menjadi bagian dari promosi dan tidak memperhatikan aspek lain. Biasanya promosi sales sifatnya langsung berdampak pada penjualan, misal : promosi diskon, promosi beli 12 + 1, promosi bundling produk, dsb. Lainnya adalah tugas tim marketing termasuk promosi yang tidak berdampak langsung pada penjualan seperti : iklan TV, advertizing, dsb.
Bila Tim Marketing berupaya keras menumbuhkan awareness konsumen dengan menumbuhkan brand awareness melalui serangkaian aktivitas marketing maka sebaliknya dengan Tim Sales, tugas mereka menawarkan seluas-luasnya kepada konsumen. Agar konsumen membeli dengan cara menginformasikan kelebihan atau keunggulan produk baik dari sisi kualitas maupun dari sisi harga.



CUSTOMER PROFILING
Kemampuan untuk profiling pelanggan Anda telah menjadi keterampilan penting dalam lingkungan bisnis yang kompetitif dan berorientasi pelanggan saat ini. Profiling pelanggan akan memberikan organisasi Anda kemampuan untuk lebih memahami basis pelanggan yang ada dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru. Profil pelanggan, ditambah dengan analisis pemasaran, memberikan wawasan pelanggan utama yang dapat membantu layanan pelanggan, sales dan marketing meningkatkan profitabilitas dan loyalitas pelanggan. Selain itu, informasi profil pelanggan dapat penting dalam meningkatkan inisiatif layanan pelanggan Anda
Training ini dirancang untuk memberikan peserta teknik dan prosedur yang mereka butuhkan untuk mendapatkan informasi tentang perilaku pelanggan mereka. Pandangan ini memungkinkan untuk meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan efisiensi call center, cross-sell dan peluang, penjualan efisien dan proses pemasaran, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan layanan pelanggan


FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE & CONSULTATIVE SELLING SKILL

Bila  anda ingin mendapatkan kesuksesan di tengah ketidakpastian market saat ini, maka mengetahui secara intensive tentang seni penjualan adalah sebuah keharusan. Seperti kebanyakan orang, anda mungkin datang ke seminar ini dengan sedikit pengetahuan mengenai penjualan, yang mungkin adalah apa yang anda alami sebagai seorang konsumen. Dalam dua hari ini yang tidak akan terlupakan ini, anda akan mendapatkan kemampuan, kepercayaan diri dan profesionalisme untuk menjual produk atau jasa anda dengan sukses. Teknik penjualan dasar untuk penjual pemula ini adalah petunjuk perjalanan yang akan memberikan anda langkah demi langkah untuk melalui keseluruhan proses penjualan. Hal tersebut mencakup semua fase – fase kritikal penjualan dan memberikan anda tambahan kemampuan dalam menyimak dan melakukan prospecting, yang merupakan sesuatu yang anda butuhkan untuk meraih kesuksesan sebagai seorang penjual professional masa kini.
 


CONSULTATIVE SELLING SKILL
Aktifitas menjual saat ini telah berubah paradigmanya, yaitu bukan menawarkan produk namun menawarkan solusi. Pola ini akan mengubah cara Anda memandang pelanggan. Dari sudut pandang transaksi penjualan sekali pakai menjadi sebuah hubungan mitra jangka panjang dengan ikatan relasi yang lebih erat. Pola ini akan membuat kita harus mengenal lebih jauh terhadap kebutuhan dan harapan dari pelanggan, dan dengan pola ini akan membentuk paradigma dan pemahaman dalam menjual seorang penjual bergeser, dari fokus menjual menjadi bertindak selayaknya seorang konsultan yang menawarkan solusi kepada pelanggan, dan pada akhirnya ketika transaksi terjadi maka pelanggan tidak merasa seperti sedang membeli produk namun seperti sedang membayar seorang konsultan atas solusi yang diberikan, hal inilah yang disebut dengan konsep Consultative selling skills

DESKRIPSI TRAINING NEGOSIASI: EFFECTIVE NEGOTIATION SKILLS

Negosiasi adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat bertahan, baik dalam bisnis maupun bidang kehidupan lainnya. Latihan ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri yang dibutuhkan agar berhasil melakukan negosiasi dalam berbagai situasi formal maupun nonformal. Ingatlah, negosiasi tidak hanya terbatas pada hubungan industrial atau kontrak bisnis. Apa yang Anda lakukan jika atasan tiba-tiba memutuskan untuk menambah beban kerja atau mengubah peran Anda dalam perusahaan tanpa berdiskusi terlebih dahulu? Bagaimana menghadapi salah satu anggota tim yang melemahkan kewenangan Anda dengan kepribadiannya yang dominan atau karismatik? Inti dari negosiasi adalah mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga dapat mencapai tujuan.
Negosiasi adalah usaha untuk mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga Anda bisa mencapai tujuan. Kita sering tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk bernegosiasi atau terlibat dalam proses tersebut sebelum sempat memikirkannya dengan matang. Ketika negosiasi terjadi kita sering merasa tidak puas. Kita berharap sebelumnya telah meluangkan perhatian dan waktu yang lebih banyak sehingga mencapai hasil yang memuaskan. Jika Anda mengikuti training ini dengan baik maka Anda akan mendapatkan hasil terbaik bagi diri sendiri dan juga pihak lain. Langkah-langkah tersebut akan membantu Anda mencapai hasil yang memuaskan semua pihak dan meningkatkan kualitas hubungan.

PROGRAM INI DIPERUNTUKAN BAGI FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE FOR SALES PERSON

Tenaga penjual dengan pengalaman 0 – 1 tahun — juga kandidat potensial untuk posisi penjual, penjual yang ingin menyegarkan kemampuan menjual, para Customer Service Representative dan tenaga technical atau tenaga support yang banyak melakukan interaksi dengan pelanggan.’

KEUNTUNGAN YANG DIDAPATKAN DENGAN MENGIKUTI PROGRAM INI FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE FOR SALES PERSON
  • Mampu mengetahui perbedaan antara mentalitas lama tentang penjualan dan pendekatan masa kini dengan lebih berorientasi hubungan yang lebih efektif.
  • Mampu Mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam penjualan
  • Mampu mengatasi halangan – halangan untuk menyimak dalam situasi penjualan
  • Mampu mengetahui prospek yang tepat dan mampu menghindari yang membuang waktu
  • Sukses melakukan prospecting, baik melalui telephone maupun bertemu langsung.
  • Mampu mengerti situasi  customer dan mengenali peluang
  • Belajar bagaimana membuat presentasi penjualan yang dinamis dan tak terlupakan
  • Merasa nyaman dan percaya diri  di depan customer
  • Mampu Mengatasi keberatan secara halus dan menghasilkan progress yang positif
  • Mampu menggunakan teknik muktahir untuk menutup penjualan yang digunakan untuk mendapatkan komitmen dari customer
  • Mampu Mengelola waktu dan prioritas
KEUNTUNGAN YANG DIDAPATKAN DENGAN MENGIKUTI PROGRAM INI EFFECTIVE NEGOTIATION SKILL FOR SALES PERSON
  • Meningkatkan efektivitas tim penjualan dalam bernegosiasi dan sebagai upaya memaksimalkan laba, menumbuhkan bisnis, meningkatkan hubungan di pasar dan memaksimalkan efektivitas internal
  • Mampu melakukan dengan cara yang berbeda saat masuk dalam area perundingan
  • Memiliki pendekatan dasar untuk negosiasi yaitu dampak langsung (hasil) dan pengembangan profesional jangka panjang (hubungan)
DAY - 1
YANG AKAN DIBAHAS DALAM MARKETING & PROGRAM FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE & CONSULTATIVE SELLING SKILLS  FOR SALES PERSON:
  • MARKETING
  • Defenisi Marketing
  • Perbedaan besar antara selling & marketing
  • Marketing & Selling Mix
  • Product, Price, Placement, Promotion,Positioning, Purchasing
  • Perkembangan teori maketing mix
  • Target market
  • Tiga elemen strategi
  • Tipe segmentasi pasar
  • Level segmentasi pasar
  • Positioning & Value Proposition
  • Empat kesalahan positioning utama
  • Dua tipe customer value
  •  BCG Matrix, Ansof matrix, SWOT, peramalan pasar dan penjualan pasar dan kontrol
  •  
  • CUSTOMER PROFILING
    • Dasar-dasar Teknik Profiling Pelanggan dan Prosedur
    • Gambaran dan tujuan pembelajaran
    •  Apa profiling pelanggan?
    •  Breakout session: Keuntungan dan Kerugian dari Profiling Pelanggan
    •  Memahami konsep Kecerdasan Emosional
    •  Sejarah temperamen profil
    •  DISC sistem temperamen profil
    •  Memahami gaya empat temperamen pelanggan
    • CRM Customer Relationship Management
    • Customer profile & analisa pasar
    • Kekuatan ukuran kesuksesan sales & marketing
    • KPI sales – markerting
    • Analisa – monitoring – pengambilan keputusan cepat
     
  • SALES
  • Keuntungan dari menyimak aktif dalam dalam melakukan praktek penjualan
  • Prospecting dan cold calling
  • Professionalisme dan sikap
  • Menentukan kebutuhan customer individu per individu
  • I am OK you are OK - DISC
  • Presentasi Sales yang sukses
  • Menjelaskan solusi vs menjelaskan produk atau jasa
  • Mengatasi keberatan menggunakan pertanyaan yang biasa didapati
  • Mencoba dan Menyelesaikan proses penutupan penjualan
  • Communication
  • Mengenal prospek anda
  • Fact Finding
  • Penyajian solusi
  • Menagani keberatan
  • Negosiasi (pendekatan)
  • Closing dan mendapatkan komitment
DAY -2
 YANG AKAN DIBAHAS DALAM PROGRAM EFFECTIVE NEGOTIATION TECHNIQUE FOR SALES PERSON :
  • Mindset & Defenisi Negosiasi
  •  Gaya Negosiasi
  • Perencanaan Negosiasi
  • Pembicaraan Teknis vs Komersial
  • Fitur vs Nilai
  • Pentingnya Informasi
  • Tahapan Negosiasi
  • Tips dalam Negosiasi
  • Professionalisme dan sikap
YANG AKAN DIBAHAS DALAM PROGRAM BAGAIMANA MENJADI MANAJER SALES YANG SUKSES FOR SALES PERSON  

  • Going to market : Faktor internal & eksternal pendorong kesuksesan hasil penjualan
  •  SDM Sales
  • Sales environment & siklus sales
  • Aturan 80/20
  • Kesesuaian produk dan pasar
  • Kompetitor, pelanggan dan pasar
  • Saringan data statistik yang buruk & forecasting method
  • Intuisi dan informasi minim
  • 3 hal sales menghancurkan keuntungan (sisi pandang CFO)
  • Sales manager wisdom
  • 4 generasi sales management & fungsi sales management
  • 2 model orientasi CEO terkait penjualan yang membuat anda sukses dan tidak
  • Iceberg perception 
  • Compensation plans & fringe benefits

METODE :
1.    Case study
2.    Best practice sharing
3.    CBT (computer-based training)
4.    Accelerated Learning dengan pendekatan games dan role play
5.    Accelerated program
Appreciative Inqury untuk membangun pola pikir positif
BONUS :
Assessment gratis pola perilaku peserta sales yang dibahas pada hari kedua,  ebook sales techniques dan negotiation skill etc


Fasilitator :

Ir. Haris H. Sidauruk, MBA, GPHR
Saat ini beliau menjabat sebagai VP & Senior Consultant  SDM & Manufacturing improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR & Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, (Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional, memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina, Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI,  PT Kansai, Allianz Group,  RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis kinerja dengan HAY system, MERCER)  pada beberapa perusahaan seperti Akira Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan, Leader development Execution.
Serta memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam kepengurusan ISHRM  The Indonesia Society of Human Resource Management  (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan dan kajian SDM.
Beliau juga mengajar di beberapa tempat group HR Forum, HRM Indonesia, Seminar-seminarku, Episentrum, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Indo Human Resouces, PT Intracopnta, Samchad Indonesia, PMSM Indonesia dlsb.

REGISTRASI & INVESTASI
----------------------
Pendaftaran dan In-House Training :
Mrs. Luska
HR HOUSE INDONESIA
HP: +62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi: Rp 5.000.000 / peserta. publik
Investasi Inhouse silahkan hubungi kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar