Inhouse Training Marketing & Sales
Two Day Marketing & Sales Course
27 - 28 Februari 2020,Inhouse Training & Workshop
=================================================================================================
PENDAHULUAN :
Training Sales & Marketing
LATAR BELAKANG
Sales adalah aktivitas menawarkan suatu produk kepada konsumen sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan agar orang yang ditawarkan produk tsb mau menjadi pembeli atau customer jadi singkatnya sales merupakan penjualan. Marketing adalah usaha mensosialisasikan hasil produksi atau layanan perusahaan melalui berbagai cara agar diminati oleh masyarakat luas atau biasa disebut sebagai pemasaran. Melalui pelatihan sales & marketing diharapkan peserta dapat meningkatkan keahlian sales dan marketing.
Kedua aktivitas tsb, yaitu sales dan marketing adalah aktivitas yang sangat penting bagi organisasi untuk mendatangkan penghasilan atau omset. Bila sales dan marketing tidak berprestasi maka perusahaan akan bangkrut. Oleh karena itu, Training sales dan marketing adalah media atau wahana yang tepat untuk meningkatkan kualitas tenaga penjualan dan pemasaran agar dapat meningkatkan transaksi penjualan bagi perusahaan.
3 IN 1 : MARKETING , CUSTOMER PROFILING, FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE,
CONSULTATIVE SELLING SKILLS & EFFECTIVE NEGOTIATION SKILL FOR SALES PERSON
SASARAN
PELATIHAN:
- Peserta memahami perbedaan antara marketing dan sales
- Peserta bisa menjelaskan fungsi marketing & fungsi perjualan dalam perusahaan
- Peserta bisa menerangkan bagaimana marketing dan sales bisa saling melengkapi dan mencapai tujuan perusahaan
- Peserta mampu mengidentifikasi target segmen pasar terbaik, merencanakan program marketing-sales handal, attract and retain profitable customer, mampu menganalisa proses dan menyusun team sdm marketing / sales yang produktif dan berorientasi cost leadership
- Peserta memahami teknik dasar penjualan dan ketrampilan konsultative penjualan dan ketrampilan bernegosiasi
- Peserta pelatihan akan memahami pola menjual terkini yang lebih menekankan pada membangun sebuah hubungan yang erat dengan klien.
- Peserta pelatihan akan memahami teknik consultative selling dalam proses penjualannya, bukan hanya menawarkan produk tetapi menawarkan solusi
- Peserta mampu melakukan analisa dan penetrasi pasar
- Memahami BCG matrix, Ansof matrix, SWOT, peramalan pasar dan penjualan pasar dan kontrol
MARKETING
Tim marketing pada dasarnya mendukung tim sales dalam meraih target
penjualan. Dalam pelaksanaannya mereka menggunakan strategi marketing 7 P
(Product, Price, Place, Promotion, Process, People, dan Physical Evidence).
Sedangkan sales sendiri menjadi bagian dari promosi dan tidak memperhatikan
aspek lain. Biasanya promosi sales sifatnya langsung berdampak pada penjualan,
misal : promosi diskon, promosi beli 12 + 1, promosi bundling produk, dsb.
Lainnya adalah tugas tim marketing termasuk promosi yang tidak berdampak
langsung pada penjualan seperti : iklan TV, advertizing, dsb.
Bila Tim Marketing berupaya keras menumbuhkan awareness konsumen dengan
menumbuhkan brand awareness melalui serangkaian aktivitas marketing maka
sebaliknya dengan Tim Sales, tugas mereka menawarkan seluas-luasnya kepada
konsumen. Agar konsumen membeli dengan cara menginformasikan kelebihan atau keunggulan
produk baik dari sisi kualitas maupun dari sisi harga.
CUSTOMER PROFILING
Kemampuan
untuk profiling pelanggan Anda telah menjadi keterampilan penting dalam
lingkungan bisnis yang kompetitif dan berorientasi pelanggan saat ini.
Profiling pelanggan akan memberikan organisasi Anda kemampuan untuk lebih
memahami basis pelanggan yang ada dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis
baru. Profil pelanggan, ditambah dengan analisis pemasaran, memberikan wawasan
pelanggan utama yang dapat membantu layanan pelanggan, sales dan marketing
meningkatkan profitabilitas dan loyalitas pelanggan. Selain itu, informasi
profil pelanggan dapat penting dalam meningkatkan inisiatif layanan pelanggan
Anda
Training ini
dirancang untuk memberikan peserta teknik dan prosedur yang mereka butuhkan
untuk mendapatkan informasi tentang perilaku pelanggan mereka. Pandangan ini
memungkinkan untuk meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan efisiensi call
center, cross-sell dan peluang, penjualan efisien dan proses pemasaran,
mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan layanan pelanggan
FUNDAMENTAL
SELLING TECHNIQUE & CONSULTATIVE SELLING SKILL
Bila anda
ingin mendapatkan kesuksesan di tengah ketidakpastian market saat ini, maka
mengetahui secara intensive tentang seni penjualan adalah sebuah keharusan.
Seperti kebanyakan orang, anda mungkin datang ke seminar ini dengan sedikit
pengetahuan mengenai penjualan, yang mungkin adalah apa yang anda alami sebagai
seorang konsumen. Dalam dua hari ini yang tidak akan terlupakan ini, anda akan
mendapatkan kemampuan, kepercayaan diri dan profesionalisme untuk menjual
produk atau jasa anda dengan sukses. Teknik penjualan dasar untuk penjual
pemula ini adalah petunjuk perjalanan yang akan memberikan anda langkah demi
langkah untuk melalui keseluruhan proses penjualan. Hal tersebut mencakup semua
fase – fase kritikal penjualan dan memberikan anda tambahan kemampuan dalam
menyimak dan melakukan prospecting, yang merupakan sesuatu yang anda butuhkan
untuk meraih kesuksesan sebagai seorang penjual professional masa kini.
CONSULTATIVE SELLING SKILL
Aktifitas
menjual saat ini telah berubah paradigmanya, yaitu bukan menawarkan produk
namun menawarkan solusi. Pola ini akan mengubah cara Anda memandang pelanggan.
Dari sudut pandang transaksi penjualan sekali pakai menjadi sebuah hubungan
mitra jangka panjang dengan ikatan relasi yang lebih erat. Pola ini akan
membuat kita harus mengenal lebih jauh terhadap kebutuhan dan harapan dari
pelanggan, dan dengan pola ini akan membentuk paradigma dan pemahaman dalam
menjual seorang penjual bergeser, dari fokus menjual menjadi bertindak
selayaknya seorang konsultan yang menawarkan solusi kepada pelanggan, dan pada
akhirnya ketika transaksi terjadi maka pelanggan tidak merasa seperti sedang
membeli produk namun seperti sedang membayar seorang konsultan atas solusi yang
diberikan, hal inilah yang disebut dengan konsep Consultative selling
skills
DESKRIPSI
TRAINING NEGOSIASI: EFFECTIVE NEGOTIATION SKILLS
Negosiasi adalah bagian
penting dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat bertahan, baik dalam bisnis
maupun bidang kehidupan lainnya. Latihan ini akan membantu Anda mengembangkan
keterampilan dan kepercayaan diri yang dibutuhkan agar berhasil melakukan
negosiasi dalam berbagai situasi formal maupun nonformal. Ingatlah, negosiasi
tidak hanya terbatas pada hubungan industrial atau kontrak bisnis. Apa yang
Anda lakukan jika atasan tiba-tiba memutuskan untuk menambah beban kerja atau
mengubah peran Anda dalam perusahaan tanpa berdiskusi terlebih dahulu?
Bagaimana menghadapi salah satu anggota tim yang melemahkan kewenangan Anda
dengan kepribadiannya yang dominan atau karismatik? Inti dari negosiasi adalah
mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga dapat mencapai tujuan.
Negosiasi
adalah usaha untuk mencapai kesepakatan dengan lawan negosiasi sehingga Anda
bisa mencapai tujuan. Kita sering tidak mempersiapkan diri dengan baik untuk
bernegosiasi atau terlibat dalam proses tersebut sebelum sempat memikirkannya
dengan matang. Ketika negosiasi terjadi kita sering merasa tidak puas. Kita
berharap sebelumnya telah meluangkan perhatian dan waktu yang lebih banyak sehingga
mencapai hasil yang memuaskan. Jika Anda mengikuti training ini dengan baik
maka Anda akan mendapatkan hasil terbaik bagi diri sendiri dan juga pihak lain.
Langkah-langkah tersebut akan membantu Anda mencapai hasil yang memuaskan semua
pihak dan meningkatkan kualitas hubungan.
PROGRAM INI
DIPERUNTUKAN BAGI FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE FOR SALES PERSON
Tenaga penjual
dengan pengalaman 0 – 1 tahun — juga kandidat potensial untuk posisi penjual,
penjual yang ingin menyegarkan kemampuan menjual, para Customer Service
Representative dan tenaga technical atau tenaga support yang banyak melakukan
interaksi dengan pelanggan.’
KEUNTUNGAN YANG
DIDAPATKAN DENGAN MENGIKUTI PROGRAM INI FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE FOR
SALES PERSON
- Mampu mengetahui perbedaan antara mentalitas lama tentang penjualan dan pendekatan masa kini dengan lebih berorientasi hubungan yang lebih efektif.
- Mampu Mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam penjualan
- Mampu mengatasi halangan – halangan untuk menyimak dalam situasi penjualan
- Mampu mengetahui prospek yang tepat dan mampu menghindari yang membuang waktu
- Sukses melakukan prospecting, baik melalui telephone maupun bertemu langsung.
- Mampu mengerti situasi customer dan mengenali peluang
- Belajar bagaimana membuat presentasi penjualan yang dinamis dan tak terlupakan
- Merasa nyaman dan percaya diri di depan customer
- Mampu Mengatasi keberatan secara halus dan menghasilkan progress yang positif
- Mampu menggunakan teknik muktahir untuk menutup penjualan yang digunakan untuk mendapatkan komitmen dari customer
- Mampu Mengelola waktu dan prioritas
KEUNTUNGAN YANG
DIDAPATKAN DENGAN MENGIKUTI PROGRAM INI EFFECTIVE NEGOTIATION SKILL FOR SALES
PERSON
- Meningkatkan efektivitas tim penjualan dalam bernegosiasi dan sebagai upaya memaksimalkan laba, menumbuhkan bisnis, meningkatkan hubungan di pasar dan memaksimalkan efektivitas internal
- Mampu melakukan dengan cara yang berbeda saat masuk dalam area perundingan
- Memiliki pendekatan dasar untuk negosiasi yaitu dampak langsung (hasil) dan pengembangan profesional jangka panjang (hubungan)
DAY - 1
YANG AKAN
DIBAHAS DALAM MARKETING & PROGRAM FUNDAMENTAL SELLING TECHNIQUE
& CONSULTATIVE SELLING SKILLS FOR SALES PERSON:
- MARKETING
- Defenisi Marketing
- Perbedaan besar antara selling & marketing
- Marketing & Selling Mix
- Product, Price, Placement, Promotion,Positioning, Purchasing
- Perkembangan teori maketing mix
- Target market
- Tiga elemen strategi
- Tipe segmentasi pasar
- Level segmentasi pasar
- Positioning & Value Proposition
- Empat kesalahan positioning utama
- Dua tipe customer value
- BCG Matrix, Ansof matrix, SWOT, peramalan pasar dan penjualan pasar dan kontrol
-
CUSTOMER PROFILING
- Dasar-dasar Teknik Profiling Pelanggan dan Prosedur
- Gambaran dan tujuan pembelajaran
- Apa profiling pelanggan?
- Breakout session: Keuntungan dan Kerugian dari Profiling Pelanggan
- Memahami konsep Kecerdasan Emosional
- Sejarah temperamen profil
- DISC sistem temperamen profil
- Memahami gaya empat temperamen pelanggan
- CRM Customer Relationship Management
- Customer profile & analisa pasar
- Kekuatan ukuran kesuksesan sales & marketing
- KPI sales – markerting
- Analisa – monitoring – pengambilan keputusan cepat
- SALES
- Keuntungan dari menyimak aktif dalam dalam melakukan praktek penjualan
- Prospecting dan cold calling
- Professionalisme dan sikap
- Menentukan kebutuhan customer individu per individu
- I am OK you are OK - DISC
- Presentasi Sales yang sukses
- Menjelaskan solusi vs menjelaskan produk atau jasa
- Mengatasi keberatan menggunakan pertanyaan yang biasa didapati
- Mencoba dan Menyelesaikan proses penutupan penjualan
- Communication
- Mengenal prospek anda
- Fact Finding
- Penyajian solusi
- Menagani keberatan
- Negosiasi (pendekatan)
- Closing dan mendapatkan komitment
DAY -2
YANG AKAN
DIBAHAS DALAM PROGRAM EFFECTIVE NEGOTIATION TECHNIQUE FOR SALES PERSON :
- Mindset & Defenisi Negosiasi
- Gaya Negosiasi
- Perencanaan Negosiasi
- Pembicaraan Teknis vs Komersial
- Fitur vs Nilai
- Pentingnya Informasi
- Tahapan Negosiasi
- Tips dalam Negosiasi
- Professionalisme dan sikap
YANG AKAN
DIBAHAS DALAM PROGRAM BAGAIMANA MENJADI MANAJER SALES YANG SUKSES FOR
SALES PERSON
- Going to market : Faktor internal & eksternal pendorong kesuksesan hasil penjualan
- SDM Sales
- Sales environment & siklus sales
- Aturan 80/20
- Kesesuaian produk dan pasar
- Kompetitor, pelanggan dan pasar
- Saringan data statistik yang buruk & forecasting method
- Intuisi dan informasi minim
- 3 hal sales menghancurkan keuntungan (sisi pandang CFO)
- Sales manager wisdom
- 4 generasi sales management & fungsi sales management
- 2 model orientasi CEO terkait penjualan yang membuat anda sukses dan tidak
- Iceberg perception
- Compensation plans & fringe benefits
METODE :
1. Case study
2. Best practice sharing
3. CBT (computer-based training)
4. Accelerated Learning dengan pendekatan games dan role play
5. Accelerated program
1. Case study
2. Best practice sharing
3. CBT (computer-based training)
4. Accelerated Learning dengan pendekatan games dan role play
5. Accelerated program
Appreciative
Inqury untuk membangun pola pikir positif
BONUS :
Assessment
gratis pola perilaku peserta sales yang dibahas pada hari kedua, ebook
sales techniques dan negotiation skill etc
Fasilitator
:
Ir. Haris H.
Sidauruk, MBA, GPHR
Saat ini beliau
menjabat sebagai VP & Senior Consultant SDM & Manufacturing
improvement pada salah satu perusahaan di Indonesia (PT. Freemind Management
Consulting). Sebagai seorang professional, beliau pernah menempati beberapa
jabatan diantaranya : sebagai Management Trainee, Production Manager, HR &
Training Manager, TPM Manager, HSE Manager (PT. Multi Bintang Indonesia Tbk,
(Heineken Group), PT United Can Company Tbk dan sebagainya. Pengalaman sebagai
konsultan, dan instruktur di antaranya di PT. Telkom , Pertamina, Genting Oil
Kasuri, dll dalam menyiapkan Tim HR nya untuk meraih sertifikasi internasional,
memberikan pembekalan dan Sertifikasi HR bagi Tim HR di Indofood, Pertamina,
Pinago Utama, Dunia Teknik, Departemen Industri RI, PT Kansai, Allianz Group,
RS Premier Ramsay group, Lotte Mart Indonesia, dll .
Memberikan
konsultansi dan melakukan beberapa projek HR seperti WLA, Pengembangan
organisasi, Total Rewards (JA JD JE JG memperbaiki sistem pengupahan berbasis
kinerja dengan HAY system, MERCER) pada beberapa perusahaan seperti Akira
Data, Rumah Sakit Premier Ramsay Group, PT KINO dll .
Membuat dan
mengembangkan Talent Management Suites dengan matriks HAV, RTC, ICP Individual
Career Plan, Performance & IDP Individual Development Program Cycle Plan,
Leader development Execution.
Serta
memberikan workshop publik dan sertifikasi bagi profesional SDM di Indonesia
yang diikuti juga praktisi dari Australia dan Philipina. Juga aktif dalam
kepengurusan ISHRM The Indonesia Society of Human Resource
Management (PMSM Indonesia) dalam bidang pengembangan dan pelatihan dan
kajian SDM.
Beliau juga
mengajar di beberapa tempat group HR Forum, HRM Indonesia, Seminar-seminarku,
Episentrum, Info Seminar, Warta Training, PT Jhonson Indonesia , PT Indo Human
Resouces, PT Intracopnta, Samchad Indonesia, PMSM Indonesia dlsb.
REGISTRASI
& INVESTASI
----------------------
----------------------
Pendaftaran
dan In-House Training :
Mrs. Luska
Mrs. Luska
HR HOUSE
INDONESIA
HP:
+62811891352
Email anovaluska@yahoo.com
Email anovaluska@yahoo.com
Investasi:
Rp 5.000.000 / peserta. publik
Investasi
Inhouse silahkan hubungi kami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar