haris

Selasa, 09 Januari 2024

Projek Setahun Pendampingan Konsultatif TPM , 12 Langkah dalam Program Pengembangan dan Implementasi TPM Total Produktif Maintenance - HR HOUSE INDONESIA(with TIME TABLE PREPARATION,TCO,KICK OFF, IMPLEMENTATION, SYSTEM AUDIT, STABILIZATION,PEOPLE DEVELOPMENT)

Projek Setahun Pendampingan Konsultatif TPM , 12 Langkah dalam Program Pengembangan dan Implementasi TPM Total Produktif Maintenance - HR HOUSE INDONESIA(with TIME TABLE PREPARATION,TCO,KICK OFF, IMPLEMENTATION, SYSTEM AUDIT TPM PILLAR & TPM TEAM, STABILIZATION,PEOPLE DEVELOPMENT)








Total Productive Maintenance, tampaknya merupakan konsep yang cukup luas dan kompleks ketika baru diperkenalkan ke dalam suatu organisasi. Sebuah organisasi yang mungkin tidak memiliki cukup paparan terhadap subjek ini pasti akan menghadapi banyak kesulitan untuk memahami, menyerap dan menginternalisasikan konsep TPM dan mempraktikkannya secara rutin.
Awalnya TPM, sebagai sebuah konsep, hanya berpusat pada area produksi dan pemeliharaan. Sekitar tahun 1983, 12 langkah program implementasi TPM pertama kali diperkenalkan dalam empat tahap.

Empat tahap awal adalah:
1. Tahap Pendahuluan - Tahap Persiapan
2. Tahap Kick-off TPM
3. Tahap Implementasi atau Eksekusi
4. Tahap Pendirian TPM Program implementasi TPM

12 Langkah disusun dalam 4 Tahapan berikut. Detil tahapan, langkah-langkah dan pokok-pokok pelaksanaannya disajikan di bawah ini. Dengan mengacu pada langkah-langkah di bawah ini, garis waktu implementasi TPM yang lengkap dapat dirancang atau ketika menyiapkan garis waktu yang lengkap dari tahap pengenalan hingga pendirian, rencana pengelolaan tahap di bawah ini dapat dijadikan acuan.
Tahap 1 - Pendahuluan - Tahap Persiapan : Tahap pengenalan terdiri dari 5 Langkah. Dari perspektif garis waktu, tahap ini memerlukan jangka waktu enam hingga delapan bulan. Ini melibatkan lima langkah berikut:

Langkah 1 : Deklarasi resolusi “implementasi TPM” dalam organisasi oleh manajemen puncak :
Langkah 2 : Pendidikan dan kampanye TPM
Langkah 3 : Pembentukan organisasi TPM
Langkah 4 : Penetapan kebijakan, prinsip dan target TPM
Langkah 5 : Perumusan Rencana Induk Program Implementasi TPM

Tahap 2 - Tahap Kick-off TPM
Tahap ini mencakup langkah keenam yaitu Kick-off TPM
Langkah 6 : Peluncuran program penerapan TPM

Tahap 3 - Tahap Eksekusi
Langkah 7: Pembentukan sistem untuk memaksimalkan efisiensi produksi :
• Langkah ini bertujuan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas produksi tertinggi dengan menggunakan empat pilar TPM, yaitu Kobetsu-Kaizen (KK), Jishu-Hozen (JH), Kaikaku-Hozen (KH), Pendidikan dan pelatihan (E&T)

Langkah 8 : Pembentukan manajemen peralatan awal - manajemen pengembangan
Langkah 9 : Pembentukan sistem Hinshitsu-Hozen (Pemeliharaan Mutu)
Langkah 10 : Office TPM untuk administrasi dan dukungan
Langkah 11 : Penetapan Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan

Tahap 4 - Tahap Pendirian TPM
Langkah 12 : Menyelesaikan implementasi TPM dan perbaikan penargetan

12 langkah ini sangat penting untuk dikelola secara efektif dan 100% keterlibatan karyawan dipastikan oleh tim manajemen organisasi selama implementasi Total program
WA : 0811891352
HR HOUSE INDONESIA
TPM CONSULTING & MANAGER
OD CONSULTING & BUSINESS IMPROVEMENT
Asesor Kompetensi BNSP - RI
www.hrhouseindonesia.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar