haris

Minggu, 07 Juni 2015

Talent Identifikasi

Proses Talent identifikasi semua pasti pernah melakukannya.  Ini adalah sebuah tool atau alat bantu untuk memahami dan memastikan secara pasti dan akurat bagaimana seseorang menjadi kandidat TALENT.

Seperti yang saya pernah uraikan dalam tulisan-tulisan sebelumnya, haruslah dimulai dengan leader yang engage dengan people dan task (disebut TEAM LEADER dan bukan manajer survivalist alias tidak engage dengan karyawan apalagi pekerjaannya).

Seperti kita ketahui setiap tahun kita melakukan aprraisal terhadap anak buah atau kita sendiri yang diappraise bukan.?  Dari penilaian tahunan tadi diukur 2 hal yang disebut juga sebagai matrik performance potential (matrix PP).  Ada juga yang menyebutnya 9 boxes talent assesment dlsb.

Pada banyak industri atau organisasi yang sistem TMS Talent Management Suite nya sudah berjalan cukup lama seperti perusahaan-perusahaan "main stream" telah mengalami banyak perubahan dalam sistem penilaian yang digunakan  .  Dan mungkin kita masih menggunakan model yang seperti dibawah ini :

1. Skala penilaian 9  skor (A, A/B, B, B/C, C, C/D, D, D/E, E)  pada sistem ini dilakukan banyak pada tahun 1990 an

2. Skala penilaian 7 skor (1,2,3,4,5,6, dan 7)

3. Skala penilaian 4 skor ( gagal mencapai standar,  sebagian memenuhi std,  seluruhnya memenuhi std,  melebihi std yang ditetapkan)

4. Skala penilain 3 skor (memerlukan perbaikan, Baik, Sangat Baik)

5. Skala penilaian 5 skor  (tidak memuaskan, sebagian memenuhi std,  seluruhnya memenuhi std, melebihi std yang ditetapkan,  Luar biasa).

Model ke lima penilaian tadi tidak mutlak yang satu lebih baik dari yang lainnya.  Yang penting pastikan setiap manajer lini memahami dan mengerti dalam pelaksanaannya.  Jadi bias hasil penilaian bisa diminimalisasi.

Pastikan anda menjadi TALENT yang EXCELLENT (yang triple A) dan anda pasti bisa karena anda karyawan  BINTANG.  Yang merupakan salah satu  dari 10 orang di pasar yang perusahaan berani membayar anda  pada P90 (percentile 90).

Majulah Indonesia. Majulah SDM Indonesia.

Salam
Haris H. Sidauruk
+62816851015
+6281297532510
grow grain grow trees grow  people grow Indonesia
EYE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar