haris

Kamis, 21 Mei 2015

Bagaimana menciptakan implementasi training yang sukses dan strategis

Dalam organisasi persoalan terberat kedua setelah akuisisi karyawan dalam proses seleksi calon TALENT adalah bagaimana onboarding programnya berjalan sangat efektif.

Seperti kita ketahui talent bisa kita peroleh dengan cara beli, pinjam atau buat dari dalam.  Dan ini juga harus didukung dengan pelaksanaan program training yang sistematis dan terukur.  Ada 5 step atau langkah dalam melaksanakan training yang efektif.

1. NEEDS 
     Training bukan sekedar pelaksanaan program untuk menghabiskan budget training supaya yahun depan dananya muncul kembali dan lebih besar. Akan tetapi needs nya apa? harus link dengan KPI (berbasis attack losses) yang dapat dilihat dari problem solving atas 5M (Man . Machine, Material, Method dan Money). Yang lainnya berasal dari hasil PA performance appraisal (meski ini kadang suka disindir anak buah TNA sudah ulang tahun yang kedua dst karena implementasinya tidak ada)

2. PLAN
    Perencamnaan  mulai kapan waktunya, siapa pengajarnya dan vendornya, bagaimana metodenya , dimana akan dilaksanakan  dll

3. IMPLEMENTASI
    Pelaksanaan training dibandingkan dengan perencanaan tadi.

4. EVALUASI
    Ada 4 tipe (kirk patrick) model evaluasi
     1. Reaction level : seberapa besar kesulaan peserta dengan persiapan/pelatihan
     2, Knowledge level  : mengukur besaran daya serap training (pre test vs post test)
     3. Behavioural level : perubahan  perilaku akibat adanya pelatuhan contoh supir direktur ugal-ugalan, maka diberikan DDT defensive Driving Training , memberikan hasil seminggu kemudian sang direktur senang karena drivernya membawa mobil dengan cara bertanggungjawab
    4. ROTI Return on Training Investment.  Untuk group salesman diberikan pelatihan sales skill atau how to sell dll. Memberikan dampak peningkatan penjualan, Maka ROTI lebih kurang besaran keuntungan dampak dari penjualan dalam periode tertentu dibagi dengan investasi training yang dikeluarkan sejumlah orang.

5. REPORTING
   Ini bagian yang paling jarang dilakukan oleh teman-teman di HR Training n development.  Merupakan sebuah handicap, Dan ini tugas kita semua.

Demikian artikel yang mudah-mudahan berguna buat kita.

Salam
Haris H. Sidauruk
VP PT Freemind Management Consulting
+62816851015
+6281297532510
haris@freemind-consulting.com
Linkedin : Haris H. Sidauruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar